Tautan-tautan Akses

Komentar PM India Membuat Bangladesh Sedih


Komentar PM India Manmohan Singh membuat kerisauan di Bangladesh.

Komentar PM India Manmohan Singh membuat kerisauan di Bangladesh.

Manmohan Singh mengatakan Bangladeh sangat anti-India dan 25 persen Warga Bangladesh setia kepada partai Islam Jemaat-e-Islami.

Komentar-komentar kontroversial PM India Manmohan Singh di depan sejumlah redaktur surat kabar dan dimuat di situs resminya, membuat Bangladesh marah dan risau.

Surat-surat kabar Bangladesh memuat pernyataan-pernyataan itu hari Sabtu, meski kantor Perdana Menteri India telah mencabut pernyataan-pernyataan tadi dan menggantinya dengan sebuah naskah resmi.

Dalam pertemuan dengan redaktur hari Rabu, Singh mengatakan Bangladeh sangat anti-India dan 25 persen setia kepada Jemaat-e-Islami, partai Islam terbesar di Bangladesh. Dia juga mengatakan anggota Jamaat-e-Islami “berada dalam genggaman dinas rahasia Pakistan.” Akibatnya, situasi politik bisa berubah kapan saja.

Beberapa pejabat Bangladesh menolak pernyataan itu. Menteri Pertanian Bangladesh Motia Chowdhury mengatakan pernyataan-pernyataan PM Singh itu tidak berpijak kepada fakta, karena Partai Jamaat-e-Islami hanya meraih 4 persen suara dalam pemilu lalu.

Jamaat-e-Islami juga menolak tuduhan-tuduhan itu, dengan mengatakan, pihaknya ingin menjaga hubungan baik dengan India. Pejabat-pejabat di kantor PM mengatakan, komentar-komentar Singh tidak untuk disiarkan atau off the record. Pernyataan-pernyataan itu dicabut dari website resmi Perdana Menteri India hari Jumat.

XS
SM
MD
LG