Tautan-tautan Akses

AS

Komedian Amy Schumer Serukan Pengetatan Kontrol Senjata di AS


Aktris/komedian Amy Schumer berbicara didampingi sepupunya, Senator Charles Schumer, dalam konferensi pers di New York (3/8). (AP/Seth Wenig)

Aktris/komedian Amy Schumer berbicara didampingi sepupunya, Senator Charles Schumer, dalam konferensi pers di New York (3/8). (AP/Seth Wenig)

Schumer bergabung bersama sepupunya yang senator saat mengumumkan usulan RUU yang akan lebih menyulitkan kriminal dengan kekerasan dan pengidap sakit jiwa untuk mendapatkan senjata.

Aktris dan komedian Amy Schumer bergabung bersama sepupunya, Senator Charles Schumer, untuk menyerukan aturan kontrol senjata yang lebih keras.

Schumer mengatakan Senin (3/8) bahwa ia "sangat terpukul" ketika mendengar adanya penembakan di bioskop Lafayette, negara bagian Lousiana, saat film terbarunya "Trainwreck" ditayangkan. Dua orang tewas dalam insiden tersebut.

Schumer bergabung bersama sepupunya di New York hari Senin saat sang senator mengumumkan usulan legislasi yang akan lebih menyulitkan kriminal dengan kekerasan dan pengidap sakit jiwa untuk mendapatkan senjata.

"Jika ada pelajaran yang bisa diambil dari penembakan massal di Lafayette, Chattanooga, Charleston, Virginia Tech, Aurora dan banyak tempat lainnya, adalah bahwa kita harus melakukan semuanya yang kita bisa untuk menutup celah yang ada, dan mencegah senjata jatuh ke tangan pelaku kejahatan yang penuh kebencian dan orang yang terganggu mentalnya," ujar Senator Schumer.

Usulan undang-undang tersebut juga akan memberikan insentif kepada negara-negara bagian yang menyerahkan informasi ke dalam sistem pengecekan latar belakang, dan memberi hukuman kepada negara bagian yang tidak melakukannya.​

Amy Schumer mengatakan, "Penembakan-penembakan ini harus dihentikan. Saya tidak tahu lagi bagaimana mengatakannya." Ia mengatakan penembakan saat filmnya ditayangkan membuat isu kekerasan senjata "sangat personal" dan mengatakan ia memikirkan para korban setiap hari sejak tragedi itu.

"Mencegah orang-orang berbahaya mendapatkan senjata sangat mungkin. Kita harus menggunakan solusi akal sehat. Kita dapat memperketat pemeriksaan latar belakang dan menghentikan penjualan senjata api kepada orang-orang yang memiliki sejarah kekerasan atau sakit mental. Kita dapat berinvestasi lebih dalam pengobatan sakit mental daripada memotong pendanaan. Ini bukanlah ide-ide yang ekstrem," ujar Schumer.

Setelah penembakan di Lafayette, advokat kontrol senjata Sarah Clements menulis surat terbuka kepada aktris tersebut, menyerukan agar ia bersikap mengenai isu tersebut. Schumer menulis di Twitter, "Jangan khawatir, saya akan bertindak. Lihat saja."

Senator Schumer mengatakan sepupunya Amy merupakan juru bicara yang tepat untuk isu kontrol senjata dan ia bersyukur mendapatkan kerjasamanya. Ia mengatakan selain usulan RUU, ia juga akan meminta Kongres untuk mempertahankan pendanaan kesehatan mental dan program-program penyalahgunaan narkoba.

Pria bersenjata yang melepaskan tembakan di bioskop Lafayette bulan lalu dilaporkan memiliki sejarah panjang sakit mental dan masalah 'temperamental' yang serius.

Polisi mengatakan John Russel Houser, 59, secara legal membeli senjata tangan semi-otomatis kaliber 0,40 dari sebuah tempat pegadaian, yang dipakainya untuk membunuh dua perempuan muda dan melukai sembilan orang lainnya.

Sekitar 100 orang tengah ada di dalam bioskop menonton "Trainwreck" ketika pria bersenjata itu mulai menembaki sesama penonton dengan senjata tangan.

Dua tahun lalu, Kongres AS menolak upaya untuk memperkuat aturan kontrol senjata. Usulan legislasi ini dapat memperluas pemeriksaan latar belakang calon pembeli senjata, memperkuat larangan terhadap senjata serangan gaya militer dan membatasi amunisi.

Tindakan Senat muncul setelah debat nasional selama berbulan-bulan mengenai isu tersebut, menyusul penembakan di Sekolah Dasar Sandy Hook di Newtown, Connecticut, di mana 20 anak tewas.

XS
SM
MD
LG