Tautan-tautan Akses

Komandan Taliban Tewas dalam Serangan NATO


Tentara Taliban di Afghanistan (foto: dok). Pemerintah Obama mengaku mendukung usaha pemerintah Afghanistan untuk berdamai dengan kelompok ini.

Tentara Taliban di Afghanistan (foto: dok). Pemerintah Obama mengaku mendukung usaha pemerintah Afghanistan untuk berdamai dengan kelompok ini.

Maulawi Jawadullah, salah seorang pemimpin Taliban, menjadi salah satu dari delapan pemberontak yang tewas dalam serangan udara NATO dan operasi susulan di provinsi Takhar.

Pasukan koalisi di Afghanistan menewaskan seorang pemimpin Taliban yang bertanggung jawab mengatur serangan-serangan terhadap kepolisian Afghanistan.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada hari Kamis, NATO mengatakan Maulawi Jawadullah adalah seorang di antara delapan pemberontak yang tewas dalam serangan udara NATO dan operasi susulan di provinsi Takhar, Aghanistan utara.

Pernyataan tersebut mengatakan Jawadullah mengatur penculikan-penculikan dan serangan-serangan bom pinggir jalan. Jawadullah juga terkait dengan serangan baru-baru ini terhadap sebuah kantor polisi di provinsi Kunduz yang menewaskan 10 anggota Kepolisian Nasional Afghanistan.

Pada hari Rabu, pemerintahan Obama mengatakan mendukung usaha baru-baru ini oleh pemerintah Afghanistan untuk mencapai persetujuan dengan pemberontak Taliban. Namun, Juru Bicara Gedung Putih Robert Gibbs mengatakan pada hari Rabu, Taliban harus mematuhi undang-undang Afghanistan, memutuskan hubungan dengan Al-Qaida dan menghentikan tindakan kekerasan.

XS
SM
MD
LG