Tautan-tautan Akses

Komandan dan 1.600 Pemberontak Kongo Menyerah


Pasukan Uganda menahan komandan M23 Sultani Makenga bersama para anggotanya hari Kamis 7/11 (foto: dok).

Pasukan Uganda menahan komandan M23 Sultani Makenga bersama para anggotanya hari Kamis 7/11 (foto: dok).

Sedikitnya 1.600 anggota kelompok pemberontak di Republik Demokratik Kongo telah menyerahkan diri Kamis (7/11), termasuk komandan tertinggi kelompok itu.

Sejumlah pejabat militer Uganda mengatakan, sedikitnya 1.600 anggota kelompok pemberontak di Republik Demokratik Kongo telah menyerahkan diri Kamis (7/11), termasuk komandan tertinggi kelompok itu.

Para pejabat itu mengatakan, pasukan Uganda menahan komandan M23 Sultani Makenga bersama para anggotanya, setelah mereka menyerahkan diri.

Makenga masuk dalam daftar orang yang dikenai sanksi oleh PBB dan Amerika. Kelompok-kelompok HAM menuduh para pemberontak di bawah kepemimpinannya melangsungkan pembunuhan dan pelecehan seksual.

Sebelumnya pekan ini, para pemberontak M23 menyatakan mereka menghentikan perjuangan mereka melawan pasukan pemerintah Kongo setelah kehilangan wilayah kekuasaan terakhir mereka di Kongo Timur.

Kelompok itu bersumpah mewujudkan impian mereka melalui jalur-jalur politik. Para pemberontak itu mulai menyerahkan senjata mereka hari Rabu kemarin.
XS
SM
MD
LG