Tautan-tautan Akses

Komandan Pasukan AS: Ada Kemajuan Hubungan AS-Pakistan


Komandan pasukan AS dan NATO di Afghanistan, Jenderal John Allen berbicara dengan Jenderal Pakistan Ashfaq Parvez Kayani (foto: dok). Allen dan Kayani bertemu di Islamabad Kamis (3/8).

Komandan pasukan AS dan NATO di Afghanistan, Jenderal John Allen berbicara dengan Jenderal Pakistan Ashfaq Parvez Kayani (foto: dok). Allen dan Kayani bertemu di Islamabad Kamis (3/8).

Jenderal John Allen yang mengatakan, ia puas dengan membaiknya hubungan Amerika-Pakistan yang terbukti dengan kunjungannya ke Islamabad hari Kamis (3/8).

Komandan pasukan Amerika dan NATO di Afghanistan hari Kamis membahas koordinasi perbatasan dengan Panglima tentara Pakistan di Islamabad, dalam kunjungannya yang pertama sejak Pakistan mengakhiri blokade jalur perbekalan NATO selama tujuh bulan.

Pernyataan bersama yang dikeluarkan setelah pertemuan itu mengutip Jenderal John Allen yang mengatakan, ia puas dengan membaiknya hubungan Amerika-Pakistan yang terbukti dengan kunjungan seperti ini. Ditambahkan, kedua pihak mencapai kemajuan signifikan dalam membangun kemitraan yang tahan lama, strategis, digariskan dengan jelas, dan meningkatkan keamanan serta kemakmuran di kawasan itu.

Jenderal Pakistan Ashfaq Parvez Kayani mengatakan, pertemuan dengan Jenderal Allen membantu memperbaiki pemahaman satu sama lain antara militer Pakistan dan pasukan pimpinan NATO di Afghanistan.

Menurut Allen kedua pihak, dan pasukan Afghanistan, memiliki banyak kepentingan bersama, termasuk komitmen untuk meluaskan peluang bagi aksi terkoordinasi terhadap teroris di kedua sisi perbatasan. Mereka juga berbagi tanggung jawab untuk melindungi tentara Pakistan dan Afghanistan di perbatasan.

Sebelumnya pekan ini, para pejabat Pakistan dan Amerika menandatangani nota kesepahaman dimana Islamabad sepakat untuk mengizinkan NATO mengangkut suplainya melalui kawasan Pakistan ke Afghanistan hingga tahun 2015. Kesepakatan itu meresmikan pengaturan sebelumnya yang memungkinkan Amerika menyuplai pasukannya selama perang yang sudah berlangsung lebih dari satu dekade.
XS
SM
MD
LG