Tautan-tautan Akses

Komandan al-Qaida di Mali Diperkirakan Tewas


Ketua gabungan kepala staf militer Perancis, Edouard Guillaud (Foto: dok).

Ketua gabungan kepala staf militer Perancis, Edouard Guillaud (Foto: dok).

Seorang pejabat tinggi militer Perancis mengatakan ada kemungkinan bahwa komandan tertinggi al-Qaida cabang Afrika Utara tewas di Mali utara pekan lalu.

Laksamana Edouard Guillaud, ketua gabungan kepala staf militer Perancis mengatakan pembunuhan Abdelhamid Abou Zeid tidak dapat dikukuhkan karena mayatnya belum ditemukan. Kepada radio Europe-1, Senin (4/3), Guillaud mengatakan bahwa akan menjadi berita bagus apabila Abou Zeid telah tewas.

Negara Chad mengatakan bahwa pasukannya di Mali utara telah menewaskan Abou Zeid, pemimpin al-Qaida di Magrib Islam yang terlibat dalam penculikan beberapa orang Barat, Jumat (1/3).

Laporan-laporan berita Perancis dan Aljazair mengatakan pihak berwenang berusaha mencocokkan DNA keluarga Abou Zeid dengan DNA dari apa yang diyakini jasad militan tersebut.

Chad mengatakan pasukannya juga menewaskan Mokhtar Belmokhtar, militan terkait al-Qaida yang mengaku bertanggungjawab atas serbuan maut di sebuah instalasi gas alam Aljazair pada bulan Januari.

Sebuah pernyataan militer mengatakan, Belmokhtar tewas, Sabtu, setelah pasukan Chad menyerbu sebuah pangkalan militer di pegunungan di Mali Utara yang terletak dekat perbatasan Aljazair. Pembunuhan tersebut belum bisa dikukuhkan secara independen.
XS
SM
MD
LG