Tautan-tautan Akses

Kolaborasi Arie Untung dan Anggy Umbara di Amerika


Arie Untung dan Anggy Umbara saat berkunjung ke Washington DC (foto: VOA).

Arie Untung dan Anggy Umbara saat berkunjung ke Washington DC (foto: VOA).

Produser film Indonesia yang juga dikenal sebagai MC dan Presenter Televisi, Arie Untung bersama Sutradara Anggy Umbara baru-baru ini mengunjungi Amerika Serikat.

Kedatangan kedua filmmaker Indonesia ini adalah untuk menghadiri pemutaran film “3 (Alif Lam Mim)” yang terpilih di ajang Atlanta Asia Film Festival di Georgia, Atlanta. Film yang sempat sukses di layar Indonesia ini diproduseri oleh Arie dan disutradarai oleh Anggy. Festival film berkelas internasional ini diikuti oleh berbagai negara Asia.

Film “3” merupakan film aksi Indonesia yang menceritakan kisah persahabatan diantara tiga sahabat yang dibintangi oleh Abimana Aryasatya, Agus Kuncoro dan Conelio Sunny. “3” juga disebut film aksi futuristik pertama di Indonesia karena ceritanya yang ditetapkan pada tahun 2036. Film karya Arie dan Anggy ini dibuat seru dengan adegan-adegan silat dan pertempuran.

“Pembuatannya sendiri ini hanya 23 hari. Memang film ini lama di meja editing dan di meja creative. Dan lama untuk latihan choreo dan pencarian tempat shooting yang tepat,” kata Arie tentang proses pembuatan film aksinya.

“Kami sangat berterima kasih dengan kehadiran Sutradara Anggy Umbara dan juga produser film ini yang datang langsung dari Jakarta,” ujar Li Wong, Presiden Direktur Atlanta Asian Film Festival. Selain terpilih di ajang Atlanta Asia Film Festival, “3” juga mendapatkan penghargaan Best Feature Movie dari sebuah ajang di Florida.

Dari Atlanta, Arie dan Anggy melanjutkan perjalanan ke New York dan Washington DC. Mereka sempat mengunjungi lokas-lokasi bersejarah di ibu kota Amerika, seperti museum dan patung Abraham Lincoln yang sangat terkenal. Perjalanan ini juga menjadi kesempatan bagi Anggy Umbara untuk liburan bersama keluarga setelah menyutradarai film Warkop DKI. Warkop DKI terbukti sukses dan mampu menembus 7 juta penonton.

Saat ini Anggy masih mengerjakan bagian kedua dari film Warkop DKI, “Warkop DKI Reborn Part 2”, yang akan masuk layar lebar tahun depan. Perjalanan ini sekaligus untuk mencari ide-ide kreatif bagi Arie dan Anggy yang akan berkolaborasi lagi untuk membuat film terbaru.

“Pokoknya remake dari salah satu film ayah saya yang sukses banget pada tahun 80an,” ujar Anggy saat ditanya tentang judul film berikutnya.

Anggy merupakan anak bungsu dari sutradara Indonesia yang terkenal di tahun 1980an, Alm Danu Umbara. Semasa hidup, Alm Danu Umabara pernah menyutradarai sekuel film "Lima Cewek Jagoan" yang menjadi box office tahun 1980 dan 1981. Film ini dibintangi oleh artis papan atas masa itu seperti Lydia Kandau, Eva Arnaz, Yati Octavia, Dana Christina dan Debby Chynthia Dewi.

Setelah berkunjung ke Washington DC, Anggy akan melanjutkan ke Los Angeles untuk hadir dalam dalam ajang American Film Market. Sementara Arie Untung harus kembali ke Indonesia untuk syuting program televisi dan mempersiapkan film terbarunya ini. [Yogi Leksono/Adria/Ian Umar/Naratama]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG