Tautan-tautan Akses

AS Cetak Koin Baru untuk Danai Penelitian Kanker

  • Associated Press

Peneliti dan tabung-tabung berisi cairan tulang belakang untuk pendeteksian kanker di Johns Hopkins University, Baltimore. (Foto: Dok)

Peneliti dan tabung-tabung berisi cairan tulang belakang untuk pendeteksian kanker di Johns Hopkins University, Baltimore. (Foto: Dok)

Untuk meningkatkan kesadaran mengenai kanker payudara dan pengumpulan dana untuk penelitian kanker, Amerika akan mencetak mata uang logam baru.

Amerika akan mencetak mata uang logam peringatan baru, berwarna merah muda untuk meningkatkan kesadaran mengenai kanker payudara dan mengumpulkan dana untuk penelitian kanker, kata anggota Dewan Perwakilan Carolyn Maloney, yang mensponsori rancangan undang-undang untuk mengeluarkan mata uang itu.

Anggota Partai Demokrat dari negara bagian New York itu mengatakan kepada Associated Press bahwa pemerintah federal akan mengadakan sayembara untuk memilih karya seni yang akan ditampilkan pada uang logam itu, yang diharapkan akan beredar pada tahun 2018.

Uang logam berwarna merah muda keemasan itu akan menjadi bagian dari satu set yang terdiri dari tiga uang logam baru yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai kanker payudara, dan membantu mendanai penelitian untuk menemukan obat untuk penyakit itu. Rancangan Undang-undang ini pertama kali diusulkan pada tahun 2013 dan ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Barack Obama bulan lalu.

Departemen Keuangan Amerika akan mencetak 50.000 uang logam merah muda - keemasan bernilai 5 dolar. Dicetak oleh Percetakan Uang Negara , dengan menggunakan formula baru untuk memberi mata uang itu warna merah muda, kata Maloney. Mata uang itu paling sedikit akan 75 persen berwarna keemasan.

Undang-undang yang sama juga menetapkan penciptaan 400.000 mata uang logam perak bernilai 1 dolar, dan 750.000 uang logam setengah dolar atau 50 sen, dengan desain yang melambangkan usaha melawan kanker payudara.

Sebagian dari hasilnya akan disumbangkan untuk Breast Cancer Research Foundation, sebuah organisasi nirlaba berbasis di New York. Yayasan itu mengatakan telah mengumpulkan lebih dari 500 juta dolar sejak didirikan pada tahun 1993, dan bahwa lebih dari 90 persen dari dananya digunakan untuk penelitian kanker dan program-program kesadaran masyarakat.

Sementara biaya yang tepat dari pembuatan mata uang logam itu masih belum jelas, paling sedikit 35 dolar dari tiap uang logam berwarna merah muda keemasan itu akan disumbangkan kepada Yayasan Penelitian Kanker Payudara. Yayasan ini juga akan menerima 10 dolar untuk setiap uang perak , dan 5 dolar untuk tiap mata uang logam setengah dolar.

”Kira-kira satu dari tiap delapan perempuan akan mengidap kanker payudara dalam hidupnya,'' kata Maloney. “ Satu-satunya kendala yang ada di antara kita dan penyembuhan memerlukan penelitian lebih lanjut, dan penelitian itu memerlukan dana.

Dana yang dikumpulkan melalui penjualan uang logam itu mungkin bisa mengarah pada penemuan obat untuk penyakit yang membinasakan itu.''

Amerika menciptakan mata uang logam peringatan merah muda untuk mendanai penelitian kanker. [sp/al]

XS
SM
MD
LG