Tautan-tautan Akses

Koalisi Kanan Denmark Menangkan Pemilu Parlemen


Mantan perdana menteri dan pemimpin oposisi Denmark, Lars Løkke Rasmussen.

Mantan perdana menteri dan pemimpin oposisi Denmark, Lars Løkke Rasmussen.

Hasil resmi awal menunjukkan blok oposisi yang dipimpin oleh mantan perdana menteri Lars Lokke Rasmussen memenangkan 90 kursi dalam parlemen yang beranggotakan 179 orang.

Oposisi sayap kanan Denmark memenangkan pemilihan anggota parlemen hari Kamis (18/6), setelah di luar dugaan unggul karena dorongan sekutu anti-imigrasi.​

Setelah sudah hampir semua suara dihitung, hasil resmi awal menunjukkan blok oposisi yang dipimpin oleh mantan perdana menteri Lars Lokke Rasmussen memenangkan 90 kursi dalam parlemen yang beranggotakan 179 orang. Blok kiri moderat Perdana Menteri Helle Thorning Schmidt memperoleh 85 kursi.

Jumat pagi, Thorning Schmidt mengakui kekalahan dan mengatakan dia akan mengudurkan diri sebagai pemimpin Partai Demokrat Sosial.

Schmidt, kepala pemerintahan perempuan pertama Denmark, Tmengadakan pemilu dini dengan harapan akan memanfaatkan pemulihan ekonomi menyusul reformasi ketat yang diberlakukan setelah dia menjadi perdana menteri empat tahun lalu.

Tetapi, kampanye Rasmussen selalu mengingatkan pemilih bagaimana Schmidt memotong tunjangan pengangguran dan bantuan untuk mahasiswa sementara ekonomi merosot dalam bulan-bulan setelah dia menjadi perdana menteri.

XS
SM
MD
LG