Tautan-tautan Akses

AS

Klub Sepeda Motor AS Gelar Kontes Kartun Nabi Muhammad


Sebuah mobil polisi berjaga di dekat lokasi penembakan di Curtis Culwell Center, Garland, Texas (Foto: dok).

Sebuah mobil polisi berjaga di dekat lokasi penembakan di Curtis Culwell Center, Garland, Texas (Foto: dok).

Panitia penyelenggara mengatakan, aksi berkumpul ini merupakan respon terhadap sebuah insiden awal bulan ini, di mana dua pria bersenjata menembaki sebuah kontes serupa di Texas.

Sebuah kontes gambar kartun Nabi Muhammad, yang diselenggarakan oleh kelompok pengendara sepeda motor yang diperkirakan memiliki senjata, telah berlangsung hari Jumat (29/5) di luar sebuah pusat komunitas Islam di negara bagian Arizona di Amerika barat.

Penyelenggara mengatakan, aksi berkumpul ini merupakan tanggapan terhadap sebuah insiden awal bulan ini, di mana dua pria bersenjata menembaki sebuah kontes serupa di Texas, di mana para kartunis menggambar Nabi dalam agama Islam tersebut. Kedua pemuda bersenjata itu tewas dalam aksi tembak-menembak. Salah seorang polisi luka.

Salah satu pemuda bersenjata itu sering beribadah di masjid di kota Phoenix utara itu, di mana aksi berkumpul pada hari Jumat ini akan diselenggarakan.

"Kontes tahap 2!!!!!!!," diumumkan oleh penyelenggara Jon Ritzheimer di halaman Facebook. Bekas anggota marinir itu menyatakan, acara akan berlangsung damai, namun menganjurkan agar para pemrotes membawa senjata mereka, sebagai persiapan apabila nantinya terjadi keributan.

Ritzheimer telah mengundang ribuan pesepeda motor untuk menghadiri acara tersebut. Hingga Jumat pagi, lebih dari 600 orang telah memesan tempat. Polisi setempat merencanakan pengawalan ketat dalam penyelenggaraan acara ini.

Polisi setempat telah menyatakan akan mengerahkan banyak petugas kalau-kalau terjadi kekerasan.

Penembakan pada acara kontes kartun Texas diklaim oleh kelompok Negara Islam yang telah menyatakan kekalifahan Islam di beberapa bagian Irak dan Suriah.

Namun, para pakar mempertanyakan klaim tersebut dan pihak berwenang mendapati tidak ada kaitan antara kedua lelaki bersenjata dan organisasi ekstremis ini.

Sementara itu, di Washington, dewan transportasi publik setempat memutuskan melalui pengambilan suara untuk menghentikan iklan-iklan yang berorientasi pada isu-isu tertentu di kereta dan bus.

Ini merupakan respon terhadap upaya enyelenggara kontes menggambar kartun Nabi Muhammad yang menginginkan gambar yang memenangkan kontes tersebut untuk dipasang di stasiun-stasiun kereta Metro dan bus di Washington, D.C dan sekitarnya.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG