Tautan-tautan Akses

Klub-klub Eropa Desak FIFA Tak Tambah Tim Piala Dunia


Presiden FIFA Gianni Infantino berpidato dalam Kongres FIFA ke-66 di Mexico City, Meksiko, Mei 2016. (Reuters/Edgard Garrido)
Presiden FIFA Gianni Infantino berpidato dalam Kongres FIFA ke-66 di Mexico City, Meksiko, Mei 2016. (Reuters/Edgard Garrido)

Presiden FIFA ingin ada 48 tim dalam Piala Dunia 2026, menambah 368 pemain yang berkomitmen pada tugas tim nasional selama sedikitnya satu bulan.

Klub-klub sepakbola teratas Eropa menyeru Presiden FIFA Gianni Infantino untuk tidak menambah format 32 tim untuk Piala Dunia.

Ketua Asosiasi Klub Eropa (ECA) Karl-Heinz Rummenigge mengatakan jumlah pertandingan yang dimainkan setiap musim "sudah mencapai tingkat yang tidak dapat diterima."

Rummenigge mengatakan ia menulis kepada Infantino Jumat lalu (9/12), sebelum keputusan kemungkinan ekspansi itu tanggal 10 Januari oleh Dewan FIFA.

Infantino ingin ada 48 tim dalam Piala Dunia 2026, menambah 368 pemain yang berkomitmen pada tugas tim nasional selama sedikitnya satu bulan.

Piala Dunia yang lebih besar dan lebih komersial akan membantu memenuhi janji-janji pemilihan Infantino kepada 211 anggota federasi FIFA.

Rummenigge mengatakan, "polisi dan perdagangan seharusnya tidak menjadi prioritas eksklusif dalam sepakbola."

Tim riset ECA dengan anggota 220 mengatakan klub-klub Eropa mempekerjakan 76 persen pemain di Piala Dunia 2014. [hd]

XS
SM
MD
LG