Tautan-tautan Akses

Klaim Pengangguran dan Perjualan Ritel di AS Turun


Para pencari kerja AS menghadiri bursa kerja di New York (foto: dok).

Para pencari kerja AS menghadiri bursa kerja di New York (foto: dok).

Jumlah warga AS yang mendaftar untuk mendapat klaim tunjangan pengangguran turun 36 ribu menjadi total nasional 289 ribu.

Laporan yang dirilis hari Kamis (12/3) menunjukkan gambaran ekonomi Amerika yang beragam, di mana baik klaim pengangguran dan penjualan ritel menurun.

Departemen Tenaga Kerja mengatakan jumlah warga Amerika yang mendaftar untuk mendapat tunjangan pengangguran turun 36 ribu menjadi total nasional 289 ribu.

Para ahli menyebutnya tingkat itu relatif rendah yang konsisten dengan membaiknya pasar tenaga kerja.

Sebuah laporan terpisah dari Departemen Perdagangan mengatakan penjualan ritel turun nol koma enam persen pada bulan Februari, ini bulan ketiga berturut-turut indikator ekonomi yang penting ini telah menurun.

Ekonom senior Gus Faucher dari PNC Bank mengatakan cuaca musim dingin yang sangat buruk mungkin telah menghambat penjualan mobil dan bisnis restoran, dan mengakibatkan penurunan tersebut. Menurutnya belanja konsumen mungkin akan tumbuh tahun ini, sebagian karena uang yang disimpan konsumen dari harga bensin yang lebih rendah.

Di luar sektor yang sangat peka seperti makanan dan energi, harga-harga dalam perekonomian secara keseluruhan hanya berubah sedikit.

Para ekonom mengamati dengan cermat penjualan ritel karena permintaan konsumen mendorong sebagian besar aktivitas ekonomi AS.

XS
SM
MD
LG