Tautan-tautan Akses

Pemimpin Korea Utara Eksekusi 15 Pemimpin Senior Tahun Ini


Kim Jong Un memberikan pengarahan di depan pertemuan pemimpin militer Korea Utara (foto: dok).

Kim Jong Un memberikan pengarahan di depan pertemuan pemimpin militer Korea Utara (foto: dok).

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dilaporkan telah memerintahkan eksekusi terhadap 15 orang pemimpin senior tahun ini.

Dinas mata-mata Korea Selatan mengatakan pemimpin muda Korea Utara, Kim Jong Un, telah memerintahkan eksekusi terhadap 15 pemimpin senior tahun ini.

Para pejabat intelijen Seoul menyampaikan informasi tersebut kepada para legislator dalam sebuah sidang tertutup parlemen, Rabu, menurut legislator Shin Kyung-min.

Salah satu pejabat yang dieksekusi adalah wakil menteri kehutanan, yang dibunuh setelah mengeluhkan rencana kehutanan Kim.

Informasi ini tidak dapat dikukuhkan. Pemerintah Korea Utara yang tertutup tidak berkomentar atas eksekusi tersebut.

Kim Jong Un di masa lalu pernah memerintahkan eksekusi terhadap pejabat-pejabat tinggi, termasuk mereka yang dekat dengannya.

Pada akhir tahun 2013, Kim memerintahkan eksekusi terhadap pamannya yang juga penasehat dekatnya, Jang Song Thaek, setelah pamannya itu menuduhnya melakukan tindakan makar and tindakan-tindakan lain yang anti pemerintah.

Kim, yang diperkirakan berusia awal 30-an, menjadi pemimpin Korea Utara menyusul kematian mendadak ayahnya, Kim Jong Il, pada akhir tahun 2011.

Sejak memegang jabatan, ia telah melangsungkan beberapa perombakan kepemimpinan yang dipandang para pengamat sebagai usaha untuk memperkokoh cengkeramannya pada kekuasaan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG