Tautan-tautan Akses

Kyiv Perkirakan Rusia Rencanakan Serangan Besar terhadap Ukraina


Tank-tank Ukraina dan APC bergerak menuju perbatasan de-facto dengan Krimea dekat Kherson, selatan Ukraina (12/8).

Tank-tank Ukraina dan APC bergerak menuju perbatasan de-facto dengan Krimea dekat Kherson, selatan Ukraina (12/8).

Para pejabat intelijen militer Ukraina mengatakan mereka memperkirakan akan ada klaim sabotase lagi oleh Kremlin, dan berkeras “musuh sedang merencanakan tindakan provokatif besar-besaran” dalam usaha untuk memperburuk Ukraina di mata Barat.

Apa yang direncanakan Presiden Rusia Vladimir Putin bagi Ukraina? Para pejabat di ibukota Ukraina mengemukakan argumentasi bahwa pemimpin Rusia itu sedang mengumpul dalih untuk membenarkan serangan besar dengan tujuan untuk merebut rute darat melalui daerah-daerah bagian tenggara Ukraina ke Krimea, semenanjung Laut Hitam yang dicaplok oleh Moskow beberapa minggu setelah tergulingnya tahun 2014 pemimpin Ukraina Viktor Yanukovich, sekutu Putin.

Mereka memperkirakan peningkatan pertempuran di daerah yang mayoritas berbahasa Rusia, Donbas, dimana lebih dari dua tahun yang lalu militant pro-Moskow dan pasukan Rusia bertempur dalam yang disebut “konflik yang dibekukan” dengan militer Ukraina, sebagai babak awal untuk serangan besar.

Penumpukan pasukan dan persenjataan Rusia, termasuk misil Triumph S-400, di Krimea dan klaim pekan lalu oleh Moskow bahwa Ukraina menyusupkan para penyabot ke semenanjung itu dengan rencana untuk melakukan “tindak terorisme”, hal yang telah dibantah keras oleh Kiev, dipandang sebagai tanda ancaman.

Para pejabat intelijen militer Ukraina mengatakan mereka memperkirakan akan ada klaim sabotase lagi oleh Kremlin, dan berkeras “musuh sedang merencanakan tindakan provokatif besar-besaran” dalam usaha untuk memburuk-burukan Ukraina di mata Barat.

Mereka memperkirakan bahwa Moskow merencanakan serangan dimulai tidak lama sebelum pemilu parlemen Rusia, yang dijadwalkan tanggal 18 September. Para pejabat Rusia, yang mengatakan provokasi akan datang dari Ukraina, bukan dari Rusia, untuk membantah perkiraan Ukraina tersebut. [gp]

XS
SM
MD
LG