Tautan-tautan Akses

Ketua Palang Merah Internasional Kunjungi Korea untuk Bahas Reuni


Presiden Palang Merah Internasional (ICRC), Peter Maurer (kiri), disambut pejabat Korea Utara dalam saat tiba di bandar udara Pyongyang (20/8). (AP/KCNA via KNS)

Presiden Palang Merah Internasional (ICRC), Peter Maurer (kiri), disambut pejabat Korea Utara dalam saat tiba di bandar udara Pyongyang (20/8). (AP/KCNA via KNS)

Ketua ICRC juga akan membicarakan tentang proyek-proyek lain termasuk sebuah pusat rehabilitasi fisik di Pyongyang dan empat rumah sakit provinsi.

Ketua Komite Palang Merah Internasional (ICRC) mengunjungi Korea Utara dan Korea Selatan untuk membahas rencana reunifikasi keluarga-keluarga yang terpisah akibat Perang Korea serta isu-isu kemanusiaan lainnya.

Peter Maurer tiba di Pyongyang Selasa (20/8) dan berencana mengunjungi Korea Selatan untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat di sana, Jumat, hari yang juga diusulkan bagi kedua Korea untuk melakukan pertemuan untuk membahas rencana reuni tersebut.

Korea Utara telah setuju mengenai pembicaraan reunifikasi, tetapi juga telah mengusulkan pembicaraan mengenai dimulainya kembali kunjungan wisata ke sebuah kawasan resor Korea Utara.

Korea Selatan menyatakan isu-isu tersebut seharusnya dibahas terpisah, dan Korea Utara tidak menanggapi usul Korea Selatan untuk menangguhkan proyek pariwisata.

Selain membahas reuni, Maurer diperkirakan akan membicarakan tentang proyek-proyek yang didukung Palang Merah di Korea Utara, termasuk sebuah pusat rehabilitasi fisik di Pyongyang dan empat rumah sakit provinsi.

ICRC memiliki kantor tetap di Korea Utara selama sekitar 10 tahun. Maurer adalah pemimpin pertama organisasi itu yang melakukan kunjungan sekaligus ke dua negara di Semenanjung Korea itu dalam 21 tahun.

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye mengusulkan reunifikasi bulan depan bagi keluarga-keluarga yang telah terpisah 60 tahun setelah perang. Usul itu dianggap luas sebagai upaya untuk semakin meredakan ketegangan yang meningkat sebelumnya tahun ini.
XS
SM
MD
LG