Tautan-tautan Akses

AS

Ketua Mahkamah Agung Alabama Diberhentikan Sementara


Ketua Mahkamah Agung negara bagian Alabama, Amerika Serikat, Roy Moore (Foto: dok). Moore diberhentikan sementara dari jabatannya karena dianggap menyalahgunakan wewenang.

Ketua Mahkamah Agung negara bagian Alabama, Amerika Serikat, Roy Moore (Foto: dok). Moore diberhentikan sementara dari jabatannya karena dianggap menyalahgunakan wewenang.

Komisi pengawasan kehakiman negara bagian mengajukan tuduhan pelanggaran etika terhadap ketua MA Alabama, Roy Moore hari Jumat (6/5), karena dianggap menyalah-gunakan wewenang jabatannya.

Ketua Mahkamah Agung negara bagian Alabama, Amerika Serikat, telah diberhentikan sementara karena usahanya menghambat pernikahan sesama jenis kelamin, yang bertentangan dengan keputusan nasional oleh Mahkamah Agung Federal Amerika Serikat.

Sebuah komisi pengawasan kehakiman negara bagian mengajukan tuduhan pelanggaran etika terhadap ketua mahkamah agung Alabama itu Roy Moore hari Jumat (6/5), dengan mengatakan hakim yang kontroversial itu menyalah-gunakan wewenang jabatannya. Tuduhan itu dapat mengakibatkan pemecatannya dari jabatan.

Tuduhan tersebut berpangkal pada perintah administratif Moore yang dikeluarkan awal tahun ini kepada para hakim warisan, yang memerintahkan mereka mengikuti undang-undang Alabama yang melarang pernikahan sesame jenis. Ini dikeluarkan setelah hakim federal memerintahkan para hakim negara bagian itu agar jangan menegakkan larangan tersebut.

Jumat malam, Moore mengeluarkan pernyataan yang mengatakan ia tidak yakin komisi pengawas tadi mempunyai wewenang mengambil tindakan tadi terhadapnya.

Tahun 2003, Moore pernah diturunkan dari jabatannya sebagai ketua mahkamah agung oleh komisi serupa karena tidak mematuhi perintah federal agar memindahkan monumen besar 10 Hukum dalam Kitab Suci yang ia dirikan di pekarangan gedung pengadilan. Warga Alabama memilih Moore untuk jabatan itu juga sembilan tahun kemudian. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG