Tautan-tautan Akses

Ketua Konservatif Moderat Parlemen Iran Terpilih Kembali


Anggota parlemen Iran menghadiri pertemuan untuk memilih ketua parlemen di Teheran, Iran, Minggu, 28 Mei 2016.

Anggota parlemen Iran menghadiri pertemuan untuk memilih ketua parlemen di Teheran, Iran, Minggu, 28 Mei 2016.

Ketua parlemen yang konservatif moderat Iran terpilih kembali hari Minggu (29/5) walaupun kaum reformis telah mencapai kemajuan dalam pemilu yang diadakan bulan Februari lalu.

Ali Larijani terpilih kembali dengan suara 173 dari jumlah 281 anggota parlemen, dan beberapa angota partai reformis membelot dengan tidak memilih ketua partai mereka sendiri, Mohammad Reza Aref.

Terpilihnya Larijani adalah kemenangan awal bagi kaum konservatif moderat dalam parlemen baru, yang membuka sidang pertama hari Sabtu. Ini juga menunjukkan dukungan pada Presiden moderat Hassan Rouhani dan persetujuan nuklir yang ditanda-tangani bulan Juli lalu dengan negara-negara kuat dunia.

Kaum moderat dan reformis yang mendukung Rouhani memenangkan sebagian besar kursi dalam pemilu yang diadakan sebelumnya tahun ini, walaupun jumlah mereka masih tidak cukup untuk menjadi mayoritas.

Reformis memegang 133 dari 290 kursi parlemen, dan konservatif moderat memegang 125 lagi. Kursi selebihnya dipegang oleh kaum independen dan minoritas agama yang lebih condong mendukung usaha Rouhani untuk meloloskan rancangan undang-undang. [gp]

XS
SM
MD
LG