Tautan-tautan Akses

Ketua DPR AS Sangkal Pernyataan Trump soal Hakim


Ketua DPR AS, Paul Ryan bicara dalam sebuah acara di Washington DC, Selasa (7/6).

Ketua DPR AS, Paul Ryan bicara dalam sebuah acara di Washington DC, Selasa (7/6).

Ketua DPR AS, Paul Ryan hari Selasa (7/6) mengatakan bahwa ia menyesalkan pernyataan yang disampaikan oleh Donald Trump tentang seorang hakim keturunan Meksiko.

Ketua DPR Amerika Paul Ryan menyangkal pernyataan dari calon presiden Partai Republik – Donald Trump – tentang seorang hakim keturunan Meksiko, yang menangani gugatan class-action terhadap Trump University, dengan mengatakan bahwa pernyataan Trump itu “tidak dapat dipertahankan”.

Ditanya tentang pernyataan Trump, Ryan hari Selasa (7/6) mengatakan, “Saya menyesalkan pernyataan yang disampaikannya. Mengklaim seseorang tidak bisa melakukan pekerjaannya dengan baik karena asal usulnya, cocok dengan definisi rasis dalam buku-buku pelajaran”.

Namun, Ryan tidak menarik dukungannya pada Trump – yang disampaikannya pekan lalu – dan mengatakan ia tidak yakin penantang Trump dari Partai Demokrat – Hillary Clinton – merupakan “jawabannya”.

Ryan menyampaikan pernyataannya ketika hadir di sebuah tempat penampungan perempuan di Washington DC.

Trump pekan lalu mengatakan ia merasa Hakim Distrik Amerika Gonzalo Curiel, karena “asal usulnya dari Meksiko”, tidak akan mengambil putusan yang adil dalam kasus tuntutan kecurangan terhadap Trump. Curiel adalah seorang warga Amerika yang dilahirkan dan dibesarkan di negara bagian Indiana.

Meskipun mendapat kecaman dari Partai Republik dan Partai Demokrat, Trump menolak menarik pernyataannya itu. [em/ii]

XS
SM
MD
LG