Tautan-tautan Akses

AS

Ketua DPR AS John Boehner akan Mundur dari Kongres


Ketua DPR John Boehner dalam sebuah konferensi pers di Gedung Capitol, Washington DC (Foto: dok).

Ketua DPR John Boehner dalam sebuah konferensi pers di Gedung Capitol, Washington DC (Foto: dok).

John Boehner, anggota Kongres sejak tahun 1990, mendapat tekanan dari kalangan konservatif di Partai Republik mengenai sejumlah isu.

Ketua DPR Amerika, John Boehner yang berasal dari fraksi Republik, akan mengundurkan diri dari Kongres dan melepaskan jabatannya pada akhir Oktober, kata para legislator dan staf di kantor Boehner hari Jumat.

Boehner, anggota Kongres sejak tahun 1990, mendapat tekanan dari kalangan konservatif di Partai Republik mengenai sejumlah isu. Ia terlibat dalam rapat-rapat hari Jumat dalam upaya mencapai kompromi dengan lawan-lawannya yang konservatif, untuk menghindari kemungkinan tindakan yang dapat mengakibatkan penutupan sebagian besar operasi pemerintah federal pekan depan.

Jabatan ketua DPR tersebut berada pada urutan ke-dua dalam hierarki kepemimpinan pemerintah Amerika, jika presiden dan wakil presiden tidak mampu atau tidak dapat melanjutkan pengabdiannya.

Boehner dipilih oleh rekan-rekannya dari fraksi Republik sebagai ketua DPR hampir lima tahun silam, pada ulang tahunnya yang ke-61. [uh]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG