Tautan-tautan Akses

Ketegangan China-Jepang Meningkat terkait Kepulauan Sengketa


Menlu Jepang, Fumio Kishida (Kiri) bertemu dubes China untuk Jepang, Cheng Yonghua (9/8). Tokyo, Jepang (foto: Kyodo)

Menlu Jepang, Fumio Kishida (Kiri) bertemu dubes China untuk Jepang, Cheng Yonghua (9/8). Tokyo, Jepang (foto: Kyodo)

Akibat kapal-kapal angkatan laut China yang terus menerus berlayar di dekat gugusan pulau yang disengketakan di Laut China Timur, hubungan antara Jepang dan China menjadi semakin memburuk.

Jepang mengatakan hubungannya dengan China “sangat memburuk” karena kapal-kapal angkatan laut China yang terus-menerus berlayar di dekat gugusan pulau yang disengketakan di Laut China Timur.

Kementerian luar negeri Jepang hari Selasa mengeluarkan pernyataan yang mengatakan Menteri Luar Negeri Fumio Kishida meberikan peringatan hari Selasa ketika ia memanggil duta besar China untuk Jepang Cheng Yonghua untuk menyampaikan protes resmi. Kementerian itu mengatakan Kishida menuduh Beijing berusaha secara sepihak untuk “mengubah status quo” atas kepulauan itu, yang dikenal sebagai Senkaku di Jepang dan Diaoyu di China.

Cheng mengatakan kepada para wartawan setelah pertemuan itu ia mengatakan kepada Kishida bahwa wajar bagi kapal-kapal China untuk beroperasi di perairan dekat kepulauan itu.

Kapal-kapal penjaga pantai dan nelayan China telah terlihat berlayar di dekat kepulauan itu dalam beberapa hari ini, meskipun Cheng dipanggil Jumat lalu oleh Wakil Menteri Shinsuke Sugiyama karena isu tersebut. [lt]

XS
SM
MD
LG