Tautan-tautan Akses

Ketegangan Israel-Palestina Meningkat Pasca Pemakaman Remaja Palestina


Warga Palestina melakukan ibadah sembahyang Jumat pertama dalam bulan Ramadan sementara polisi Israel berjaga di wilayah Wadi al-Joz, Yerusalem Timur (4/7).

Warga Palestina melakukan ibadah sembahyang Jumat pertama dalam bulan Ramadan sementara polisi Israel berjaga di wilayah Wadi al-Joz, Yerusalem Timur (4/7).

Polisi Israel meningkatkan pengamanan untuk mengantisipasi terjadinya demonstrasi seusai pemakaman remaja Palestina bernama Mohammed Abu Khudair.

Bentrokan antara polisi Israel dan pemerotes Palestina hari Sabtu (5/7) berlanjut memasuki hari ke-empat di Yerusalem timur dan kota lain menyusul pemakaman remaja Palestina yang diduga tewas sebagai tindakan balas dendam.

Pemrotes Palestina melempari polisi Israel dengan batu, sebaliknya polisi Israel membalas dengan gas airmata dan granat-kejut. Polisi Israel memang meningkatkan pengamanan mengantisipasi akan banyak terjadi demonstrasi selesai pemakaman remaja bernama Mohammed Abu Khudair.

Keluarga dan kawan-kawan remaja itu memakamkannnya hari Jumat (4/7) di pemakaman kawasan penduduk Arab Shuafat. Mayatnya ditemukan di hutan di Yerusalem hari Rabu (2/7) sekitar satu jam setelah ia dipaksa masuk ke dalam sebuah mobil oleh orang tidak dikenal. Ayahnya mengatakan mayatnya dibakar sehingga tidak dapat dikenali.

Pihak berwenang menerangkan sedang menyelidiki apakah pembunuhan itu adalah sebagai pembalasan atas penculikan dan pembunuhan tiga remaja Israel sebelumnya minggu ini.

Israel menuduh Hamas yang membunuh ketiga remaja Israel itu. Hamas membantah, namun beberapa pemuka Hamas mengatakan pembunuhan seperti itu dapat dibenarkan sebagai jawaban atas, yang mereka lihat, sebagai ketidak-adilan Israel.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG