Tautan-tautan Akses

Ketegangan Antar Korea Hambat Bantuan Kemanusiaan


Pasokan medis untuk mengobati TB, sumbangan dari sebuah LSM di Korea Selatan dan AS tiba di sebuah klinik di Korea Utara. (Foto: Yayasan Eugene Bell)

Di samping dua babak sanksi PBB yang dikenakan terhadap Korea Utara tahun ini, Korea Selatan mengeluarkan sanksi sepihak yang lebih keras bulan Maret, yang menghambat semua pengiriman ke Korea Utara, dan bantuan kemanusiaan tidak dikecualikan.

Satu organisasi kemanusiaan yang mengobati TBC yang kebal beberapa obat di Korea Utara sedang terhambat oleh penundaan karena peningkatan ketegangan antar Korea dan sanksi yang dikenakan terhadap pemerintahan Kim Jong-un atas program pengembangan nuklir dan misil yang sedang berlangsung.

Di samping dua babak sanksi PBB yang dikenakan terhadap Korea Utara tahun ini, Korea Selatan mengeluarkan sanksi sepihak yang lebih keras bulan Maret, yang menghambat semua pengiriman ke Korea Utara, dan bantuan kemanusiaan tidak dikecualikan. Seoul juga memutuskan semua saluran komunikasi dengan Pyongyang sebelumnya tahun ini.

Sejak itu, Yayasan Eugene Bell, organisasi non-pemerintah Amerika yang memberi bantuan perawatan kesehatan dan berbasis di Seoul, telah menghadapi kesulitan memperoleh persetujuan pemerintah Korea Selatan dan izin ekspor untuk mengirim obat-obatan dan perlengkapannya ke Utara.

Bulan Maret lalu, organisasi itu dapat mengirim obat TBC dan perlengkapannya untuk mengobati 1.500 pasien di Korea Utara, setelah menunggu beberapa pekan untuk memperoleh izin dari Seoul. [gp]

XS
SM
MD
LG