Tautan-tautan Akses

Kesiapan India Gelar Pesta Olahraga Persemakmuran Memprihatinkan


Banyak sarana dan prasarana yang masih harus dirampungkan, padahal pesta persemakmuran itu 35 hari lagi akan dibuka.

Kekhawatiran terus membesar bahwa India tidak bakal sepenuhnya siap untuk menjadi tuan-rumah pesta olahraga Persemakmuran atau Commonwealth Games.

Perdana menteri, Manmohan Singh hari Minggu menginspeksi beberapa ajang pertandingan di New Delhi dan meminta kepada komite penyelenggara agar mengatasi berbagai penundaan yang mengancam dapat merusak games itu. Banyak sarana pertandingan yang masih harus dirampungkan sampai sedekat 35 hari sebelum games dibuka. Pembangunan jalan, jalan-layang, rel kereta-api bawah tanah juga meleset dari jadwal di tengah ramainya tuduhan tentang korupsi dan salah-urus.

Pernyataan yang dikeluarkan kantor Perdana Menteri Manmohan Singh mendesak semua pihak terkait melipat-duakan segala upaya guna menyelesaikan secepatnya apa-apa yang masih belum selesai, sebab rakyat mengharapkan upacara pembukaan Commonwealth Games dapat berlangsung spektakuler dan tanpa cela.

Salah satu yang diinspeksi oleh PM Singh adalah Stadion Jawaharlal Nehru, yang hingga kini masih dikerjakan dan bakal menjadi ajang pertandingan atletik, serta tempat bagi upacara pembukaan dan penutupan pesta olahraga itu.

Pesta olahraga Persemakmuran yang ke-19 ini menurut rencana akan dimulai dari tanggal 3 sampai 14 Oktober. Pesta olahraga ini akan diikuti oleh sekitar 70 negara, yang pada umumnya adalah bekas koloni Inggris. Commonwealth Games kali ini akan mempertandingan 17 cabang olahraga.

XS
SM
MD
LG