Tautan-tautan Akses

Kesepakatan Bersejarah Lindungi Hutan Tropis di Kanada


Pemimpin provinsi British Columbia, Christy Clark menyebut Hutan Tropis Great Bear "permata di mahkota pemandangan yang megah." (foto: dok).

Pemimpin provinsi British Columbia, Christy Clark menyebut Hutan Tropis Great Bear "permata di mahkota pemandangan yang megah." (foto: dok).

Provinsi British Columbia di Kanada barat sepakat untuk melindungi daerah luas hutan tropis, dari penebangan, pembangunan dan perburuan.

Pemerintah provinsi British Columbia di Kanada barat, mengumumkan kesepakatan bersejarah hari Senin (1/2), untuk melindungi daerah luas hutan tropis, dari penebangan, pembangunan dan perburuan.

Delapan puluh lima persen dari Hutan Tropis Great Bear seluas 6,4 juta hektar Pantai Pasifik British Columbia, akan dilindungi, sedangkan selebihnya akan dibuka untuk penebangan dan perusahaan kayu.

Tetapi penebangan kayu yang dilakukan,terikat oleh apa yang oleh pencinta lingkungan disebut, standar paling ketat bagi penebangan komersialdan belum pernah diberlakukan di Amerika Utara.

Kesepakatan itu muncul setelah lebih dari 20 tahun berlangsung perundingan yang alot antara pemerintah, pemerhati lingkungan, industri kayu dan 26 kelompok Aborigin yang menyebut dirinya Bangsa Pertama.

"Manajemen berdasar pada ekosistem adalah istilah modern yang menggambarkan apa yang kami yakini dan praktikkan - jika kita menggunakan pengetahuan tradisional kita untuk mengurus tanah, perairan dan sumber daya kita, maka lingkungan akan membawa manfaat untuk kita," kata Kepala Coastal First Nationals, Marilyn Slett Senin.

Perjanjian tersebut juga melarang perburuan komersial beruang grizzly dan berburu spesies beruang langka.

Perdana Menteri provinsi British Columbia, Christy Clark menyebut Hutan Tropis Great Bear sebagai "permata di mahkota pemandangan yang megah." [ps/jm]

XS
SM
MD
LG