Tautan-tautan Akses

Kesehatan Steve Jobs Munculkan Pertanyaan Soal Masa Depan Apple

  • Mario Ritter
  • Febriamy Hutapea

Steve Jobs telah lama menjadi ikon Apple, yang selalu muncul saat Apple meluncurkan produk-produk terbaru seperti iPad dan iPhone.

Steve Jobs telah lama menjadi ikon Apple, yang selalu muncul saat Apple meluncurkan produk-produk terbaru seperti iPad dan iPhone.

Apple mengumumkan bahwa Direktur Steve Jobs akan mengambil cuti untuk pengobatan, namun tak dijelaskan untuk berapa lama.

Perubahan terjadi di Silicon Valley di California. Larry Page akan menggantikan Eric Schmidt sebagai direktur utama Google dan direktur Apple Steve Jobs mengambil cuti untuk pengobatan.

Dua tahun lalu Jobs menjalani pengcangkokan hati baru. Pada tahun 2004, ia menderita kanker pankreas. Pengumuman Apple bulan ini tidak menjelaskan berapa lama ia akan mengambil cuti atau alasan dibalik keputusannya itu.

Apple melaporkan pendapatan tertinggi dalam tiga bulan terakhir tahun lalu. Tapi kesehatan Steve Jobs selalu mengundang pertanyaan mengenai masa depan perusahaan itu.

Ia membantu merintis komputer Apple pada tahun 1976. Saat ini, perusahaan yang memainkan peranan penting pada revolusi komputer pribadi menyebut dirinya Apple. Berbagai produk Apple termasuk iPod dan iPhone dan produk terbarunya yang sukses, komputer tablet iPad.

Steve Jobs telah lama menjadi lambang Apple bagi publik. Namun, sebagian orang mungkin lupa bahwa ia keluar pada tahun 1985 untuk membangun sebuah perusahaan komputer bernama NeXT.

Manuel Perez-Quinones, profesor ilmu komputer di Virginia Tech. mengatakan, Apple memimpin perkembangan sejumlah teknologi, tapi itu hanya menceritakan sebagian dari kesuksesannya. Contohnya, ia mengatakan banyak perkembangan teknologi yang dikaitkan dengan Apple sebenarnya berasal dari NeXT.

Manuel mengatakan, “Lingkungan pengembangan perangkat lunak, berbagai bahasa programming, beberapa perpustakaan yang terkait adalah berbagai hal yang dikaitkan dengan Steve Jobs dari awal. Tapi itu bukan berarti berasal dari Apple. Itu berasal dari NeXT.”

Apple membeli NeXT pada tahun 1996. Jobs bergabung bersama dengan Apple dan menjadi CEO tetap pada tahun 2000.

Pada bulan Mei lalu, Apple mengalahkan Microsoft dalam pada nilai pasar dan menjadi perusahaan teknologi bernilai paling tinggi di dunia.

Jobs mengatakan ia akan tetap menjabat sebagai kepala eksekutif dan berperan dalam berbagai keputusan besar selama cutinya. Tapi ia menempatkan Tim Cook, direktur operasionalnya, untuk mengurus manajemen operasional sehari-hari.
Eric Schmidt akan mengundurkan diri sebagai CEO Google, namun tetap akan duduk sebagai dewan direksi.

Eric Schmidt akan mengundurkan diri sebagai CEO Google, namun tetap akan duduk sebagai dewan direksi.

Sementara Steve Jobs tidak aktif di Apple, Eric Schmidt juga akan mengundurkan diri dari Google. Schmidt berencana untuk meninggalkan posisinya sebagai CEO pada bulan April setelah hampir 10 tahun di posisi itu. Ia akan tetap duduk pada dewan direksi Google.

Larry Page adalah pendiri Google ketika ia meluncurkan perusahaan tersebut bersama Sergey Brin pada tahun 1998. Tapi Schmidt menjadi lambang Google, sementara Page bekerja untuk mengembangkan produk-produk baru.

Saat ini Google adalah pemimpin di bidang mesin pencari internet di dunia dan memiliki berbagai produk seperti sistem operasi Android untuk perangkat komunikasi seluler. Tapi Google terlihat meraih kembali semangat dan kreativitas seperti pada awal perusahaan itu dirintis.

XS
SM
MD
LG