Tautan-tautan Akses

Jaksa Gunakan Kesaksian Palsu dalam Sidang Pembunuhan Daniel Pearl di Pakistan


Wartawan Wall Street Journal Daniel Pearl yang dibunuh di Pakistan (foto: dok)

Wartawan Wall Street Journal Daniel Pearl yang dibunuh di Pakistan (foto: dok)

Laporan yang dikeluarkan hari Kamis itu adalah hasil penyelidikan bertahun-tahun oleh para wartawan dan mahasiswa Amerika.

Laporan baru mengatakan keempat pria yang dipenjarakan di Pakistan atas pembunuhan wartawan Wall Street Journal Daniel Pearl tidak hadir di tempat pembunuhan, dan bahwa jaksa penuntut dengan sadar menggunakan kesaksian palsu dalam pengadilan dalam usaha untuk segera menyelesaikan kasus tersebut.

Laporan yang dikeluarkan pada hari Kamis adalah hasil penyelidikan bertahun-tahun oleh para wartawan dan mahasiswa Amerika.

Menurut laporan itu, keempat pria tersebut dinyatakan bersalah turut serta dalam penculikan Pearl bulan Januari tahun 2002. Pearl diculik pada waktu melakukan penelitian mengenai berita kemilitanan Islamis. Video yang dikirim kepada para pejabat Amerika di Karachi menunjukkan pembunuhan Pearl, dan jenazahnya ditemukan beberapa bulan kemudian dalam kuburan yang dangkal.

Laporan itu mengatakan sebenarnya ada 27 orang yang terlibat dalam penculikan dan pembunuhan itu dan bahwa 14 dari ke-27 orang itu masih bebas.

Salah seorang penulis laporan tadi, Barbara Feinman Todd, mengatakan “keadilan belum ditegakkan.”

XS
SM
MD
LG