Tautan-tautan Akses

Kerusakan Komponen Mesin Picu Ledakan Pesawat Qantas


Mesin pesawat Qantas yang meledak di udara pada saat terbang.

Mesin pesawat Qantas yang meledak di udara pada saat terbang.

Pabrik Rolls Royce mengidentifikasi kerusakan salah satu bagian mesin yang menyebabkan mesin pesawat Qantas meledak saat terbang.

Rolls Royce, pabrik mesin pesawat Inggris, telah mengidentifikasi salah satu bagian mesin yang menyebabkannya meledak selagi terbang pekan lalu pada salah satu pesawat jet Qantas.

Hari Jumat, perusahaan itu mengatakan kerusakan di komponen turbin, pada salah satu mesin Trent 900 pada pesawat maskapai penerbangan Australia itu, memicu terbakarnya minyak yang menyebabkan ledakan selagi jet itu lepas landas dari Singapura dalam penerbangan ke Sydney. Jet itu, dengan tiga mesin yang bekerja, kembali dengan selamat ke Singapura, melakukan pendaratan darurat.

Perusahaan Inggris itu mengatakan akan mengganti bagian pada mesin-mesin pesawat Airbus A-380 yang sekarang ini digunakan oleh tiga maskapai penerbangan: Qantas, Singapore Airlines dan Lufthansa.

Dikatakan, kecelakaan itu akan mengurangi sedikit laba yang diharapkan untuk tahun 2010, sementara Airbus mengatakan pengiriman pesawat berkursi 500 selanjutnya bisa tertunda.

XS
SM
MD
LG