Tautan-tautan Akses

Kerugian Ekonomi akibat Ebola Tak Sebesar Perkiraan


Petugas kesehatan membawa seorang pasien baru ebola di Freetown, Sierra Leone (foto: dok).

Petugas kesehatan membawa seorang pasien baru ebola di Freetown, Sierra Leone (foto: dok).

Laporan Bank Dunia hari Selasa (20/1) menyebutkan bahwa dampak ekonomi akibat wabah Ebola terhadap perekonomian di Afrika Barat tidak sebesar prediksi.

Laporan Bank Dunia hari Selasa (20/1) mengatakan Guinea, Liberia dan Sierra Leone akan rugi paling tidak 1,6 miliar dollar tahun ini akibat Ebola, sedangkan negara-negara lainnya di sub-Sahara Afrika akan mengalami kerugian sekitar 500 juta dollar.

Lembaga keuangan dunia itu sebelumnya memperkirakan kerugian sekitar 25 miliar dolar.

Laporan itu mengatakan tanggapan nasional dan internasional telah memperbaiki layanan kesehatan umum di ketiga negara Afrika Barat itu, termasuk penguburan mayat yang lebih aman, deteksi infeksi dini, lebih banyak bantuan pekerja medis dan kampanye kesadaran umum yang lebih banyak.

Bank Dunia mengatakan hal-hal itu telah mengekang penyebaran lintas perbatasan dan negara-negara tetangga seperti Mali, Nigeria dan Senegal telah dinyatakan bebas Ebola.

Data terbaru Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) menyebutkan Ebola telah menewaskan 8.444 orang di ketiga negara yang terimbas paling parah itu, dari 21.000 lebih penderita.

XS
SM
MD
LG