Tautan-tautan Akses

AS

Kerry Terkejut Pesawat Tempur Rusia Dekati Kapal Perang AS


Pesawat jet Rusia Sukhoi Su-24 tampak terbang dekat sekali dengan kapal perusak AS USS Donald Cook yang berada di Laut Baltik (foto: dok).

Pesawat jet Rusia Sukhoi Su-24 tampak terbang dekat sekali dengan kapal perusak AS USS Donald Cook yang berada di Laut Baltik (foto: dok).

Menlu AS John Kerry mengatakan terkejut setelah melihat video pesawat tempur Rusia terbang secara membahayakan dekat sekali dengan kapal perusak AS 'Donald Cook'.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan, dia terkejut melihat video pesawat Rusia terbang dekat kapal perang Amerika secara membahayakan, serta akan membicarakan masalah ini dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Juru bicara Departemen Luar Negeri John Kirby mengatakan Kamis (14/4), Kerry berpendapat manuver Rusia itu “tidak profesional, provokatif dan tidak perlu, serta berbahaya.”

Rusia mengatakan, pilotnya mematuhi aturan internasional saat terbang diatas USS Donald Cook di perairan internasional di Laut Baltik minggu ini, dekat pantai Kaliningrad.

Para awak di kapal perang USS Donald Cook tercengang menyaksikan pesawat tempur Rusia jenis Sukhoi SU 24 yang tidak dipersenjatai terbang sedekat 1.000 meter dari geladak kapal dan berada pada ketinggian hanya 30 meter, sehingga menimbulkan riak di laut.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan Kamis, pesawat itu melakukan uji penerbangan dan hanya melihat Donald Cook sebelum berbalik, “dalam rangka mematuhi semua langkah keselamatan.”

Katanya, kapal perang itu berada dalam “kedekatan operasional dari pangkalan armada Baltik AL Rusia.” Kantor berita Rusia Tass melaporkan kapal itu sekitar 70 kilometer dari pangkalan AL Rusia.

Pejabat Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Kamis, bukan luar biasa kalau Rusia dan pesawat asing lain terbang diatas kapal Amerika untuk mengamati, dan katanya, pesawat Amerika juga melakukan hal itu.

“Tetapi yang dilakukan kedua pilot Rusia itu, sangat rendah dan sangat cepat. Saya pribadi tercengang ketika melihat video itu. Saya sudah lama sekali tidak menyaksikan lintasan seperti itu,” kata pejabat itu kepada reporter. [jm]

Tonton Video saat Pesawat-pesawat Jet Rusia Terbang Dekat Kapal AS

XS
SM
MD
LG