Tautan-tautan Akses

AS

Kerry Abaikan Kritik soal Absennya Pejabat Tinggi AS di Paris


Menlu AS John Kerry mengatakan akan singgah di Paris, Perancis pada hari Kamis, sebelum kembali ke Washington (12/1).

Menlu AS John Kerry mengatakan akan singgah di Paris, Perancis pada hari Kamis, sebelum kembali ke Washington (12/1).

Menlu John Kerry menepiskan kritik media mengapa para pejabat tinggi AS tidak menghadiri pawai solidaritas di Perancis hari Minggu (11/1).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry Senin (12/1) mengabaikan kritik bahwa ia maupun para pejabat tinggi lainnya tidak menghadiri pawai solidaritas di Perancis setelah serangan teror pekan lalu di Paris.

Beberapa media di Amerika mempertanyakan mengapa delegasi pejabat senior Amerika tidak dikirim ke acara besar-besaran hari Minggu lalu, yang dihadiri sekitar 40 pemimpin dunia.

Duta Besar Amerika untuk Perancis dan diplomat tertinggi Departemen Luar Negeri Amerika urusan Eropa, Victoria Nuland, adalah para pejabat tertinggi Amerika yang menghadiri acara tersebut.

Berbicara kepada para wartawan dari India hari Senin, Kerry menyebut kritik itu seperti ocehan dan membela cara pemerintahan Obama menangani situasi tersebut.

Kerry menambahkan bahwa Amerika “terlibat sangat dalam” dan berbagi data intelijen dengan Perancis sejak serangan di Paris terjadi.

Menteri Luar Negeri Amerika itu sedang dalam perjalanan yang telah lama direncanakan ke India dan Pakistan. Para pejabat Amerika menyatakan ia akan singgah di Perancis pada hari Kamis, sebelum kembali ke Washington.

Hari Senin (12/1) ini Kerry berada di Islamabad, di mana ia dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Nawaz Sharif. Kerry sedang melakukan lawatan ke luar negeri selama hampir sepekan, yang mencakup persinggahan di Eropa, tetapi kunjungannya di Pakistan hari ini tidak diumumkan secara terbuka.

Ia juga akan mengunjungi Perancis untuk menunjukkan solidaritas Amerika setelah serangan-serangan teror pekan lalu di Paris, setelah muncul kritik mengenai tidak adanya pejabat tinggi pemerintahan Obama dalam pawai solidaritas itu.

Hari Jumat, seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri mengatakan fokus utama kunjungan Kerry ke Pakistan adalah penyelenggaraan pertemuan tingkat menteri dalam Dialog Strategis Amerika-Pakistan mendatang, yang disebutpejabat itu mendukung pembangunan institusi-institusi pemerintah Pakistan yang lebih kuat dan efektif serta stabilitas.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG