Tautan-tautan Akses

Kerry Tegaskan Dukungan AS bagi Nigeria dalam Perangi Boko Haram


Menlu AS John Kerry (kanan) dan Menlu Nigeria Geoffrey Onyeama memberikan keterangan pers di Washington DC, Rabu (30/3).

Menlu AS John Kerry (kanan) dan Menlu Nigeria Geoffrey Onyeama memberikan keterangan pers di Washington DC, Rabu (30/3).

Menlu AS John Kerry bertemu dengan delegasi pejabat Nigeria Rabu (30/3) untuk membahas, isu-isu negara Afrika dan kelompok teroris.

Dalam pertemuan tengah hari antara lain, Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengakui tantangan yang dihadapi Nigeria dengan teroris Boko Haram, dan ia menegaskan dukungan Amerika untuk Nigeria.

"Ini merupakan kekejaman bahwa kelompok itu mengindoktrinasi orang-orang muda, termasuk gadis-gadis kecil, mengikatkan bahan peledak ke tubuh mereka dan berjalan ke pasar terbuka dengan maksud membunuh keluarga mereka sendiri, tetangga dan diri mereka sendiri," kata Kerry. "Itulah yang dilakukan Boko Haram. Dan oleh karena itu teroris ini harus dihentikan. "

Kerry selanjutnya mengatakan, bahwa Nigeria, di bawah pemerintahan Presiden Muhammadu Buhari, telah melakukan perlawanan terhadap kelompok teroris itu dan melumpuhkan kemampuannya untuk melancarkan serangan.

Ia memperingatkan, bahwa Boko Haram tetap merupakan "ancaman serius bagi seluruh wilayah."

"Ancaman yang ditimbulkan oleh Boko Haram adalah serius. Tapi itu tidak harus demikian , dan saya benar-benar percaya kelompok ini tidak akan berpengaruh pada masa depan Nigeria,” kata Menteri John Kerry. [sp]

XS
SM
MD
LG