Tautan-tautan Akses

Kerry: Pasukan Asing Harus Keluar dari Ukraina Timur


Menlu AS John Kerry bertemu Menlu Rusia Sergei Lavrov di Paris untuk membahas konflik di Ukraina timur, Selasa (14/10).

Menlu AS John Kerry bertemu Menlu Rusia Sergei Lavrov di Paris untuk membahas konflik di Ukraina timur, Selasa (14/10).

Seruan ini disampaikan Menlu AS John Kerry Selasa (14/10) usai mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Paris.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry telah menyerukan penarikan mundur “seluruh pasukan asing” dari Ukraina Timur. Seruan ini disampaikan seusai mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Paris.

Kerry menyerukan dihentikannya pertempuran antara pasukan pemerintah dan kelompok separatis yang didukung Rusia di sekitar bandara Donetsk – Ukraina Timur.

Kerry mengatakan “kedaulatan” harus dipulihkan di sepanjang perbatasan Ukraina-Rusia, dan bahwa referendum tentang kemerdekaan yang dilangsungkan oleh kelompok separatis itu tidak akan diakui.

Kerry juga mengatakan pasukan Rusia sedang ditarik dari Ukraina, syarat utama pencabutan sanksi terhadap Rusia, tetapi senjata-senjata berat hingga kini belum ditarik.

Presiden Rusia Vladimir Putin hari Minggu memerintahkan penarikan mundur lebih dari 17 ribu pasukan dari sebuah daerah di dekat perbatasan Ukraina, sambil ia bersiap-siap mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina Petro Poroshenko di sela-sela KTT Asia-Eropa akhir pekan nanti di Milan.

XS
SM
MD
LG