Tautan-tautan Akses

Menlu Kerry Pastikan Hubungan AS-Saudi Abadi


Menlu AS John Kerry (kiri) dalam konferensi pers dengan Menlu Saudi Pangeran Saud Al-Faisal di Riyadh hari Senin (4/11).

Menlu AS John Kerry (kiri) dalam konferensi pers dengan Menlu Saudi Pangeran Saud Al-Faisal di Riyadh hari Senin (4/11).

Komentar Menlu AS John Kerry disampaikan hari Senin (4/11) dalam konferensi pers dengan Menlu Saudi Pangeran Saud Al-Faisal.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan Amerika dan Arab Saudi sepakat tentang apa yang seharusnya terjadi di Suriah, dan mengatakan hubungan antara Amerika dan Arab Saudi bersifat strategis dan abadi.

Komentar John Kerry disampaikan hari Senin dalam konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Saud Al-Faisal, yang disusul dengan pertemuan-pertemuan dengan Pangeran Saud dan Raja Arab Saudi Abdullah.

Diplomat tertinggi di Amerika itu mengunjungi Arab Saudi ketika hubungan diplomatik antara kedua negara rusak karena adanya perbedaan seputar bagaimana menangani pertempuran yang masih terus berlangsung di Suriah dan program nuklir Iran.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Saud Al-Faisal mengatakan kepada wartawan meskipun ada beberapa perbedaan nyata, Arab Saudi dan Amerika memiliki tujuan yang sama di Suriah.

Tetapi ia juga mengatakan kepada Kerry, “hubungan sejati antara sahabat didasarkan pada ketulusan, kejujuran dan keterus-terangan” dan bahwa hanya bersifat basa-basi.
XS
SM
MD
LG