Tautan-tautan Akses

Kerry, Netanyahu Bertemu dalam Upaya Terbaru untuk Perdamaian


Menlu AS John Kerry (kiri) berjabat tangan dengan PM Israel Benjamin Netanyahu dalam pertemuan mereka di Yerusalem 13/12/2013.

Menlu AS John Kerry (kiri) berjabat tangan dengan PM Israel Benjamin Netanyahu dalam pertemuan mereka di Yerusalem 13/12/2013.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Yerusalem Jumat, sebagai bagian dari upaya AS untuk mengamankan kesepakatan perdamaian Timur Tengah menjelang bulan April.

Kerry, yang bertemu dengan Perdana Menteri Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah, Kamis malam, mengatakan ia berharap untuk memajukan tujuan perdamaian dan keamanan di wilayah tersebut.

Berbicara secara anonim, pejabat AS mengatakan Kerry mendorong perjanjian kerangka kerja parsial karena khawatir kesepakatan status akhir mungkin tidak dapat dicapai pada akhir periode negosiasi sembilan bulan.

Palestina dan Israel sama-sama menyatakan ketidakpuasan dengan ide-ide AS untuk mengakhiri konflik. Tapi minggu lalu, Kerry mengatakan mereka lebih dekat pada kesepakatan dibanding tahun-tahun lalu.

Perunding Israel dan Palestina belum menyepakati isu-isu seperti keamanan, perbatasan untuk negara masa depan Palestina, kembalinya pengungsi Palestina, dan status Yerusalem.

Israel dan Palestina membuka kembali perundingan yang ditengahi AS pada akhir Juli, dan sepakat untuk melanjutkan pertemuan selama sembilan bulan.
XS
SM
MD
LG