Tautan-tautan Akses

Kerry, Lavrov akan Bertemu untuk Bahas Suriah dan Ukraina


Menlu AS John Kerry (kiri) menjabat tangan Menlu Sergei Lavrov pada acara konferensi pers bersama di Moskow, Rusia 15 Desember 2015 (foto: dok).

Menlu AS John Kerry (kiri) menjabat tangan Menlu Sergei Lavrov pada acara konferensi pers bersama di Moskow, Rusia 15 Desember 2015 (foto: dok).

Deplu AS mengatakan Kamis (14/1), Menlu Rusia Segei Lavrov dan Menlu AS John Kerry sepakat untuk bertemu setelah berbicara melalui telepon.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry telah sepakat akan bertemu untuk membicarakan Suriah dan Ukraina hari Rabu di Zurich.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan hari Kamis, Lavrov dan Kerry sepakat untuk bertemu setelah berbicara melalui telepon.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan Kerry dan Lavrov berbicara "atas perintah Presiden Rusia dan Presiden Amerika" setelah Vladimir Putin dan Barack Obama berbicara melalui telepon hari Rabu tentang krisis di Suriah dan Ukraina.

Pembicaraan multi-pihak di Suriah yang menurut rencana akan dimulai tanggal 25 Januari di Jenewa telah diragukan karena pertikaian diplomatik antara Arab Saudi, negara yang mayoritas rakyatnya Muslim Sunni, dan Iran yang mayoritas warganya Syiah, setelah Riyadh mengeksekusi seorang ulama Syiah Saudi, memicu serangan massa terhadap kedutaan Saudi di Teheran.

Arab Saudi dan negara-negara Teluk kemudian menuduh Iran mengobarkan perpecahan melalui populasi Syiah di negara-negara mereka.

"Mengenai Ukraina, Menteri Kerry dan Luar Negeri Lavrov menggarisbawahi pentingnya implementasi penuh Perjanjian Minsk oleh semua pihak," kata juru bicara Departemen Luar Negeri John Kirby, yang menambahkan "mereka sepakat untuk melanjutkan dialog yang pernah mereka lakukan dan untuk bertemu lagi dalam pembicaraan yang lebih khusus di Zurich pada tanggal 20 bulan ini." [sp/ds]

XS
SM
MD
LG