Tautan-tautan Akses

AS

Kerry Kritik Korea Utara dalam Pertemuan dengan Korea Selatan


Menteri Luar Negeri AS John Kerry (kiri) bersama mitranya dari Korea Selatan, Yun Byung-Se di Kementerian Luar Negeri di Seoul (18/5).

Menteri Luar Negeri AS John Kerry (kiri) bersama mitranya dari Korea Selatan, Yun Byung-Se di Kementerian Luar Negeri di Seoul (18/5).

Kerry mengatakan Korea Utara “tidak memenuhi” langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mengendalikan program senjata nuklirnya.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry telah mengadakan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye dan Menteri Luar Negeri Yun Byung-se di Seoul untuk membahas keamanan di Semenanjung Korea dan isu-isu bilateral.

Dalam konferensi pers bersama setelah pertemuan hari Senin (18/5) itu, Kerry mengatakan Korea Utara “tidak memenuhi” langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mengendalikan program senjata nuklirnya sehingga Amerika bisa memulai perundingan pendahuluan, dan menambahkan bahwa penting mendorong tekanan terhadap Korea Utara.

Korea Utara sudah dikenai sanksi-sanksi berat PBB karena uji nuklir dan rudalnya.

Kerry juga mengatakan tampaknya Korea Utara akan diajukan ke Mahkamah Kriminal Internasional jika pelanggaran HAM saat ini terus berlanjut.

Sebelumnya pada hari Minggu (17/5) Kerry mengadakan pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing. Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan mereka membahas komitmen bersama untuk denuklirisasi Semenanjung Korea dan menyepakati pentingnya mempertahankan tekanan terhadap Korea Utara.

XS
SM
MD
LG