Tautan-tautan Akses

Kerry Desak Rusia, Ukraina Pulihkan Gencatan Senjata


Menlu AS John Kerry (tengah) berbicara pada pertemuan tahunan para menteri Organisasi bagi Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) di Beograd, Serbia, Kamis (3/12).

Menlu AS John Kerry (tengah) berbicara pada pertemuan tahunan para menteri Organisasi bagi Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) di Beograd, Serbia, Kamis (3/12).

Menlu AS John Kerry menyerukan hal itu Kamis (3/12) pada pertemuan tahunan para menteri Organisasi bagi Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) di Beograd, Serbia.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan kepada sekelompok menteri luar negeri Eropa bahwa Rusia dan Ukraina harus bekerja bersama untuk mengakhiri ketegangan dan memulihkan gencatan senjata di Ukraina.

Kerry berbicara hari Kamis (3/12) pada pertemuan tahunan para menteri Organisasi bagi Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE). Pertemuan dua hari ini berlangsung di Beograd, Serbia.

Dalam pernyataannya, Kerry mengemukakan Rusia harus membantu memindahkan pasukan Rusia di Ukraina Timur dan memberi akses tanpa batas bagi para pemantau OSCE di daerah Donbas yang dilanda perang. Ia mengatakan Ukraina perlu menjalankan perannya untuk memulihkan gencatan senjata dan memulai pembangunan kembali kawasan timur Ukraina.

Kerry mengatakan OSCE telah membuat kemajuan dalam 40 tahun eksistensinya, tetapi masih banyak lagi yang harus dilakukan. Ia mengatakan para anggota OSCE harus berbuat lebih banyak untuk meningkatkan pembagian informasi di antara angkatan bersenjata mereka, serta meningkatkan upaya-upaya melindungi HAM dan melenyapkan kefanatikan.

Ia mengatakan di banyak negara, LSM dan media menghadapi pembatasan. Kerry menambahkan pelanggaran HAM warga, pelarangan terhadap wartawan dalam melaksanakan tugasnya, atau pembungkaman pembangkang politik tidak boleh dibiarkan.

Juga Kamis, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov diharapkan akan bertemu sejawatnya dari Turki. Ini akan menjadi pertemuan pertama antara kedua pejabat tinggi itu sejak Turki menembak jatuh pesawat tempur Rusia di wilayah udara Turki pekan lalu. [uh]

XS
SM
MD
LG