Tautan-tautan Akses

Kerry Desak Rusia Berhenti Dukung Pemberontak Ukraina


Menlu AS John Kerry (kiri) Menlu Rusia, Sergei Lavrov dalam pertemuan di Basel, Swiss (4/12).

Menlu AS John Kerry (kiri) Menlu Rusia, Sergei Lavrov dalam pertemuan di Basel, Swiss (4/12).

Menlu AS John Kerry mengatakan, hubungan yang lebih baik dengan Barat mungkin terwujud jika Rusia berhenti mendukung separatis di Ukraina timur.

Menlu AS John Kerry berbicara hari Kamis (4/12) di Basel, Swiss, pada pertemuan Organisasi Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE). Ia mengatakan, Amerika tidak menginginkan konfrontasi dengan Rusia mengenai Ukraina dan tidak ingin melihat Moskow terisolasi karena ulahnya sendiri.

Namun Kerrry mengatakan, dukungan Rusia bagi pemberontak merusak kredibilitas Moskow, dan mengingatkan bahwa negara itu akan mengalami kerugian ekonomi dan nyawa yang tidak sedikit.

Barat memberlakukan sanksi ekonomi menyakitkan terhadap Rusia, dengan menuduh Moskow menyuplai senjata dan pasukan ke pemberontak.

Kerry, Kamis, kembali mengulang tuduhan itu dengan mengatakan bahwa Rusia tidak mematuhi ketentuan gencatan senjata yang dicapai antara pemberontak dan Kiev September lalu.

Rusia membantah menyuplai senjata dan pasukan bagi militan, namun mengatakan, bahwa keterlibatannya di Ukraina bisa dibenarkan setelah Barat mendukung apa yang dianggap kudeta yang menggulingkan kepemimpinan pro-Rusia di negara itu.

Krisis di Ukraina kemungkinan akan mendominasi pertemuan hari Kamis antara Kerry dan Menlu Rusia Sergei Lavrov.

XS
SM
MD
LG