Tautan-tautan Akses

Kerry Bicarakan Korea Utara dengan PM Jepang


Menlu AS John Kery (kiri) dan PM Jepang Shinzo Abe di rumah dinas PM Jepang di Tokyo (15/4).

Menlu AS John Kery (kiri) dan PM Jepang Shinzo Abe di rumah dinas PM Jepang di Tokyo (15/4).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Tokyo, di hari terakhir lawatan ke tiga negara di Asia, Minggu (14/4).

Menlu AS John Kerry mengatakan bahwa keduanya telah membuat kemajuan penting dalam keamanan cyber, perubahan iklim dan mencapai kesepakatan menyangkut ancaman Korea Utara di semenanjung Korea, Senin (15/4).

Diplomat tertinggi Amerika itu bertemu dengan pemimpin Jepang tersebut setelah mengatakan kepada para mahasisiwa di Institut Teknologi Tokyo, bahwa Pyongyang perlu mengambil langkah-langkah untuk menghormati komitmen yang sudah dibuatnya. Menlu Kerry menambahkan bahwa Korea Utara harus mematuhi hukum dan norma-norma perilaku internasional.

Seusai pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida, Minggu (14/4), Menlu Kerry mengatakan dalam jumpa pers bahwa Washington bersedia untuk berunding dengan Korea Utara untuk mencapai penyelesaian damai atas ketegangan di semenanjung Korea itu, jika Pyongyang mengambil langkah-langkah menuju penghentian program senjata nuklirnya.

Ditambahkannya bahwa Korea Utara punya kesempatan yang baik dan Amerika akan bersedia menjadi mitra perundingan yang baik pula. Dalam pernyataan terpisah, Kerry mengatakan akan berunding dengan para koleganya di Washington mengenai tindakan-tindakan spesifik apa yang menurut mereka harus dilakukan Pyongyang.

Kerry juga mengulangi janji Amerika untuk mempertahankan Jepang, sekutu penting Amerika. Korea Utara telah berulangkali mengancam akan menyerang Amerika dan sekutu-sekutunya di kawasan Asia, termasuk Jepang dan Korea Selatan.
XS
SM
MD
LG