Tautan-tautan Akses

Kerry: AS dan Perancis Akan Bersama Melawan Terorisme


Mayor Paris Anne Hidalgo dan Menlu AS John Kerry mendengarkan lagu yang dibawakan oleh James Taylor di Balai Kota Paris dalam rangka mengenang korban teror di Paris (16/1) (Foto: Pam Dockins/VOA)

Mayor Paris Anne Hidalgo dan Menlu AS John Kerry mendengarkan lagu yang dibawakan oleh James Taylor di Balai Kota Paris dalam rangka mengenang korban teror di Paris (16/1) (Foto: Pam Dockins/VOA)

Menteri Luar Negeri John Kerry mengatakan Amerika dan Perancis akan bertahan bersama-sama melawan terorisme, dan menyebut Perancis merupakan “sekutu tertua” Amerika.

Menlu AS John Kerry menyatakan hal itu hari Jumat dalam sebuah upacara di balai kota Paris ((Hotel de Ville)). Dia tampil bersama Walikota Paris Anne Hidalgo setelah meletakkan karangan bunga di lokasi penembakan yang merenggut nyawa 17 orang dalam tiga hari pekan lalu.

Dalam pidato yang disampaikan sebagian dalam bahasa Inggris dan sebagian dalam bahasa Perancis itu, Kerry menyebut penembakan itu merupakan tindakan “pengecut dan tercela” dan mengatakan warga Amerika bereaksi terhadap insiden itu dengan rasa ngeri. Ia mengatakan peristiwa itu akan memperbaharui dedikasi Amerika dan Perancis pada kebebasan, kebenaran, dan cinta kasih – bukan kebencian.

Walikota Hidalgo juga berbicara, dan mengatakan Perancis tidak akan pernah menerima serangan terhadap nilai-nilai republik Perancis. Dia mengatakan serangan terhadap Paris sangat serius karena nilai-nilai yang menjadi dasar bangsa Perancis disusun di Paris. Ia juga mengatakan walikota beberapa kota di Amerika, termasuk New York dan Philadelphia, meneleponnya segera setelah serangan itu untuk menyatakan dukungan mereka.

Juga hari Jumat, Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan kepada sekelompok duta besar asing di Paris bahwa dunia harus membentuk respon yang “tegas” dan “kolektif” terhadap serangan-serangan teror. Dia mengatakan serangan pekan lalu di Paris merupakan “penghinaan terhadap Islam” dan mengulangi pernyataan yang dibuatnya sebelumnya bahwa umat Islam adalah korban utama terorisme.

Presiden Hollande, Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius, dan Kerry hari Jumat melakukan kunjungan ke lokasi penembakan, di mana Kerry meletakkan karangan bunga atas nama Amerika.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG