Tautan-tautan Akses

Militer AS-China Perlu Kerjasama untuk Cegah Konflik


Juru bicara Pentagon John Kirby mengecam pesawat China yang terbang terlalu dekat dengan pesawat patroli AS (foto: dok).

Juru bicara Pentagon John Kirby mengecam pesawat China yang terbang terlalu dekat dengan pesawat patroli AS (foto: dok).

Hal ini setelah AS menuduh bahwa salah satu pesawat tempur China terbang terlalu dekat dengan pesawat patroli AL Amerika di lepas pesisir China Selasa (19/8).

Sejumlah analis mengatakan, pertemuan jarak dekat yang tak terduga pekan lalu antara sebuah pesawat pemantau Amerika dan sebuah jet tempur China menunjukkan perlunya kerjasama militer yang lebih luas dan aturan perilaku yang disepakati antara kedua negara.

Pentagon mengatakan pesawat Amerika ini berada di wilayah udara internasional, sekitar 200 kilometer dari timur pulau Hainan, China selatan, ketika dihadang jet China, Selasa lalu.

Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan, jet itu melintas tiga kali di bawah pesawat Amerika dan mengekspos bagian bawahnya dalam usaha yang tampaknya untuk menunjukkan muatan senjatanya.

Sayap jet China itu bahkan sempat dalam jarak 9 meter dari sayap pesawat Amerika. Kirby menyebut tindakan pilot China itu agresif dan tidak profesional, dan mengatakan bahwa Pentagon telah mengungkapkan ke Beijing keberatannya atas manuver yang dilakukan jet tempur China itu.

Kementerian Pertahanan China menyebut kecaman itu sama sekali tidak berdasar. Dalam sebuah pernyataan, kementerian itu mengatakan bahwa pilotnya bersikap profesional dan menjaga jarak yang aman. Pernyataan itu mengatakan yang patut dikecam atas insiden itu adalah pesawat Amerika dan menuntut agar Amerika berhenti melakukan misi pengawasan dekat China.

Insiden itu mirip kejadian tahun 2001, ketika mauver serupa oleh pitot China mengakibatkan tubrukan di udara anatar jet tem,pur China dan pesawat mata-mata Angkatan Laut Amerika. Kecelakaan itu menewaskan pilot China dan memaksa Pesawat Amerika melakukan pendaratan darurat di Hainan, mengakibatkan krisis diplomatik.

XS
SM
MD
LG