Tautan-tautan Akses

Kereta Pembawa Minyak Mentah Meledak di Kanada, 1 Tewas


Bangkai pesawat setelah ledakan di Lac Megantic, provinsi Quebec, Kanada (6/7).(Reuters/Mathieu Belanger)

Bangkai pesawat setelah ledakan di Lac Megantic, provinsi Quebec, Kanada (6/7).(Reuters/Mathieu Belanger)

Sebuah kereta yang membawa minyak mentah di Kanada anjlok dan memicu ledakan besar, membuat paling sedikit satu orang tewas.

Pihak berwenang di Kanada mengatakan paling sedikit satu orang tewas setelah sebuah kereta yang membawa minyak mentah anjlok dan memicu ledakan besar di sebuah kota kecil, di provinsi Quebec.

Beberapa orang dikhawatirkan hilang dalam kecelakaan pada Sabtu dini hari (6/7) itu.

Empat gerbong tangki bertekanan meledak di tengah Lac-Megantic, menyebabkan sebuah bola api menjulang ke langit di malam hari. Ledakan ini menghancurkan puluhan bangunan di kota pinggir danau yang berpenduduk 6.000 serta terletak 25 kilometer utara dari perbatasan Kanada dan Amerika.

Sekitar 1000 orang telah dievakuasi dari rumah mereka.

Api menyala selama berjam-jam setelah ledakan dan baik petugas pemadam kebakaran Kanada maupun Amerika berusaha memadamkan api.

Perusahaan yang mengoperasikan kereta ini, the Montreal Maine & Atlantic Railway mengatakan, sebelum Jumat tengah malam, kondektur kereta itu memarkir kereta dan mengunci remnya sebelum ke hotel.

Tetapi perusahaan mengatakan “tak lama kemudian, kereta terlepas,” dan meluncur ke arah kota dengan inersianya sendiri sebelum anjlok.
XS
SM
MD
LG