Tautan-tautan Akses

Kereta Pembawa Minyak dan Gas Anjlok di Kanada


Lokasi kecelakaan kereta di Lac Megantic, Quebec, Kanada, Juli 2013.

Lokasi kecelakaan kereta di Lac Megantic, Quebec, Kanada, Juli 2013.

Berbagai pertanyaan muncul perihal meningkatnya transportasi bahan minyak lewat kereta di AS dan Kanada setelah kecelakaan serupa di Quebec, Juli lalu.

Petugas darurat berusaha memadamkan api besar Sabtu (19/10) setelah sebuah kereta tanker Canadian National yang mengangkut minyak dan gas anjlok dari relnya di sebelah barat dari Edmonton, Alberta Jumat malam. Tak ada korban jiwa atau cedera sejauh ini.

Juru bicara Canadian National Louis Antoine Paquin mengatakan dari ke-13 gerbong, empat mengangkut minyak mentah dan sembilan dimuati elpiji, lepas dari rel sekitar jam 1 pagi waktu setempat, di sebuah desa kecil sekitar 80 kilometer dari Edmonton. Seluruh penduduk desa sebanyak 100 orang dievakuasi.

Paquin mengatakan gerbong bermuatan gas bocor dan menimbulkan api. Pejabat setempat khawatir bisa ada ledakan dan menyatakan keadaan darurat di sana.

“Keadaan masih berbahaya sehingga kami perlu menutup area ini dan menjauhkan orang-orang dari tempat ini, “ kata Carson Mills, juru bicara untuk Parkland County, tempat desa Gainford berada.

Seorang penduduk mengatakan ia mendengar serangkaian tabrakan sebelum terjadi pancaran bola api ke arah langit.

“Bola api itu begitu besar hingga menembus dua lajur jalan bebas hambatan Yellowhead, dan sekarang kedua lajur itu ditutup dan ada api di kedua sisinya,” ujar seorang saksi mata bernama Duane.

Kereta itu berangkat dari Edmonton menuju Vancouver, negara bagian British Columbia, kata Paquin.

Dewan Keamanan Transportasi Kanada mengatakan mereka telah mengirim penyelidik ke tempat kejadian.

Berbagai pertanyaan muncul perihal meningkatnya transportasi bahan minyak lewat kereta di Amerika dan Kanada setelah peristiwa meluncurnya kereta dengan 72 gerbong tanker dan tidak terkendali, Juli lalu. Kereta itu keluar jalur, menghantam kota kecil Lac-Megantic dekat Quebec, di sebelah utara perbatasan dengan negara bagian Maine, Amerika Serikat.

Insiden itu menewaskan 47 orang dan menghancurkan pusat kota. Pemimpin perusahaan kereta api itu menyalahkan operator kereta karena gagal menggunakan rem tangan.

Banyak juga pertanyaan timbul karena minyak yang diproduksi di wilayah Bakken, sebuah wilayah dengan bentangan gunung batu yang sebagian berada di wilayah negara bagian Montana dan North Dakota di AS dan negara bagian Saskatchewan dan Manitoba di Kanada.

Kereta yang mengalami tabrakan di kota kecil dekat Quebec itu, mengangkut minyak dari North Dakota menuju kilang minyak di New Brunswick, Kanada.
XS
SM
MD
LG