Tautan-tautan Akses

Kereta Jepang Catat Rekor Dunia Tercepat Baru, 603 Km/Jam


Kereta cepat berteknologi magnet (Maglev) mencatat kecepatan baru 603 kilometer per jam dalam uji coba dekat Gunung Fuji, Selasa (21/3).

Kereta cepat berteknologi magnet (Maglev) mencatat kecepatan baru 603 kilometer per jam dalam uji coba dekat Gunung Fuji, Selasa (21/3).

Sebuah kereta cepat berteknologi magnet di Jepang memecahkan rekor dunia yang pernah diciptakan sebelumnya, dengan kecepatan baru 603 kilometer per jam.

Sebuah kereta cepat berteknologi magnet di Jepang yang disebut Maglev atau "magnetic levitation" telah memecahkan rekor dunia yang pernah diciptakan sebelumnya dalam hal kecepatan dengan melaju 603 kilometer per jam.

Jawatan kereta api Jepang atau Central Japan Railways mengatakan, kereta yang disebut maglev itu sempat melaju dengan kecepatan di atas 600 kilometer per jam selama hampir 11 detik dalam uji coba hari Selasa (21/4).

Kereta tersebut dapat mencapai kecepatan setinggi itu karena adanya magnet kuat yang memungkinkannya mengapung beberapa sentimeter di atas jalur, sehingga menghindari terjadinya friksi. Magnet bermuatan listrik itu juga membantu mendorong pergerakan kereta.

Central Japan Railways berharap teknologi maglev bisa digunakan menjelang tahun 2045 untuk memangkas waktu tempuh hingga setengahnya antara Tokyo dan Osaka menjadi hanya sedikit di atas satu jam. Rute yang lebih pendek, antara Tokyo dan Nagoya, diperkirakan akan dibuka pada akhir tahun 2020-an

Para pejabat mengatakan, uji coba hari Selasa dimaksudkan untuk menetapkan batas kemampuan teknologi itu, namun menegaskan bahwa mereka berharap kecepatan pada operasi sesungguhnya adalah sekitar 500 kilometer per jam.

PM Jepang Shinzo Abe telah mempromosikan teknologi itu untuk kemungkinan dijual ke negara-negara lain, termasuk Amerika, dimana Gedung Putih telah menginvestasikan miliaran dolar dalam menggarap proyek ambisius kereta api cepat yang saat ini masih dalam tahap awal.

Kereta maglev memecahkan rekor dunia yang diciptakannya sendiri pada tahun 2003, yakni 590 kilometer per jam.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG