Tautan-tautan Akses

Kereta Imigran Terguling di Meksiko, Sedikitnya 5 Tewas


Sebuah kereta api yang membawa para calon imigran Amerika Tengah yang akan menuju ke Amerika melewati Meksiko (foto: dok).

Sebuah kereta api yang membawa para calon imigran Amerika Tengah yang akan menuju ke Amerika melewati Meksiko (foto: dok).

Jumlah korban diperkirakan akan bertambah, karena banyak penumpang lainnya masih terperangkap dalam gerbong-gerbong yang terguling itu.

Sebuah rangkaian kereta api yang membawa sedikitnya 250 orang imigran Amerika Tengah yang akan menuju ke Amerika Serikat terguling di sebuah kawasan terpencil di Meksiko selatan hari Minggu (25/8).

Sedikitnya lima orang tewas dan 30 orang lebih cedera. Pejabat Palang Merah setempat mengatakan, banyak penumpang lainnya masih terperangkap dalam gerbong-gerbong yang terguling itu. Jumlah korban diperkirakan akan bertambah setelah pejabat Meksiko mengerahkan berbagai peralatan berat ke tempat kecelakaan.

Kata para pejabat ribuan orang calon migran ke Amerika itu naik kereta api tadi tiap tahunnya dengan harapan bisa mencapai Amerika lewat Meksiko.

Pemerintah negara bagian Tabasco di mana kecelakaan itu terjadi mengatakan, sedikitnya 250 orang migran berasal dari Honduras. Kendati jumlah warga Meksiko yang masuk ke Amerika secara gelap telah turun banyak, jumlah mereka agaknya digantikan oleh orang-orang dari negara lain di Amerika Tengah.

Arus pengungsi ekonomi itu katanya didorong oleh meningkatnya kekerasan di negeri mereka karena meluasnya operasi kartel-kartel narkoba Meksiko. Petugas penjaga perbatasan Amerika tahun lalu menangkap hampir 100.000 migran yang bukan warga Meksiko.

Jumlah itu adalah yang terbesar sejak tahun 2006, tapi jumlah migran Amerika Tengah yang berusaha masuk secara gelap ke Amerika diperkirakan jauh lebih banyak lagi.
XS
SM
MD
LG