Tautan-tautan Akses

AS

Keputusan MA Amerika Bela Pembocor Rahasia


Robert MacLean, mantan polisi Angkatan Udara yang dipecat karena membocorkan informasi sensitif (foto: dok).

Robert MacLean, mantan polisi Angkatan Udara yang dipecat karena membocorkan informasi sensitif (foto: dok).

Robert MacLean, mantan polisi Angkatan Udara, dipecat karena membocorkan informasi sensitif kepada seorang wartawan televisi MSNBC tahun 2003.

Mahkamah Agung Amerika telah memutuskan seorang mantan polisi Angkatan Udara AS, Robert MacLean - yang mengungkapkan informasi sensitif kepada media pemberitaan - dinyatakan tidak melanggar hukum dan berhak mendapat perlindungan 'whistleblower' atau pengungkap fakta.

Dengan suara 7 berbanding 2 hari Rabu (21/1), Mahkamah Agung AS menolak argumen pemerintahan Presiden Barack Obama untuk mengubah keputusan banding yang menguntungkan Robert MacLean.

Pemerintah berargumen UU Whistleblower tidak berlaku untuk pekerja yang mengungkap informasi keamanan yang sensitif.

MacLean dipecat karena membocorkan informasi kepada seorang wartawan MSNBC tahun 2003 bahwa Badan Keamanan Pengangkutan merencanakan penghematan anggaran dengan memangkas posisi-posisi polisi udara yang menyamar pada penerbangan-penerbangan malam hari.

MacLean mengatakan ia membocorkan informasi itu kepada media berita setelah pimpinan kantornya mengabaikan keprihatinan yang disampaikannya mengenai keselamatan umum. Pengungkapannya itu membuat anggota Kongres marah dan menyebabkan kebijakan tersebut cepat-cepat dibatalkan.

XS
SM
MD
LG