Tautan-tautan Akses

Kepingan Roket Jepang Ditemukan di Pantai Thailand


Warga berdiri di dekat kepingan logam yang ditemukan di pantai Pak Phanang, provinsi Nakhon Si Thammarat (24/1).

Warga berdiri di dekat kepingan logam yang ditemukan di pantai Pak Phanang, provinsi Nakhon Si Thammarat (24/1).

Kepingan tersebut ditemukan hari Sabtu (23/1) oleh nelayan di Pak Phanang, provinsi Nakhon Si Thammarat, kira-kira 800 kilometer sebelah selatan Bangkok.

Kepingan logam yang melengkung yang ditemukan di pantai Thailand sudah hampir pasti dari roket Jepang, bukan dari pesawat Malaysia Airlines Penerbangan 370 yang hilang, yang telah menjadi misteri terbesar sejarah penerbangan.

“Kemungkinan besar kepingan itu yang ditemukan di Thailand adalah bagian dari roket yang diluncurkan MHI dari Jepang pada waktu lalu,” kata Kengo Tatsukawa, pimpinan hubungan masyarakat perusahaan Mitsubishi Heavy Industries (MHI) setelah VOA memberitahu perusahaan Jepang itu mengenai temuan tersebut.

Kepingan berukuran dua kali tiga meter yang sudah ditutupi lapisan kerang-kerangan dan beratnya 100 kilogram itu, ditemukan hari Sabtu oleh nelayan setelah terdampar di Pak Phanang, provinsi Nakhon Si Thammarat, kira-kira 800 kilometer sebelah selatan Bangkok.

Lokasi itu menghadap Teluk Thailand dan Laut China Selatan.

Satu tim penerbangan Thailand yang dipimpin oleh seorang marsekal muda angkatan udara, serta para pejabat Malaysia, pergi ke provinsi itu hari Senin untuk memeriksa dan mengambil benda tersebut, menurut laporan berita setempat.

Penempatan sekrup dan nomor yang terukir pada benda itu mirip dengan perisai angin roket H-2A Jepang, roket yang peluncurannya berbahan bakar cair dan digunakan untuk mengangkut satelit dan pesawat peneliti antariksa. [gp]

XS
SM
MD
LG