Tautan-tautan Akses

Kepala Polisi Tiongkok dalam Drama Bo Hadapi Peradilan Pengkhianatan


Mantan kepala polisi Chongqing, Wang Lijun (Foto: dok).

Mantan kepala polisi Chongqing, Wang Lijun (Foto: dok).

Surat kabar Hongkong mengatakan mantan kepala polisi Chongqing, pemicu skandal politik terbesar di Tiongkok akan diadili atas tuduhan pengkianatan, bulan depan.

Surat-kabar The South China Morning Post, mengutip sumber-sumber yang tidak disebutkan, melaporkan hari Senin bahwa sebuah tim hukum khusus telah dibentuk untuk peradilan mantan kepala polisi Chongqing Wang Lijun, yang kemungkinan akan menghadapi hukuman mati.

Wang adalah sekutu penting bos partai Chongqing Bo Xilai, yang sebelumnya secara luas telah diperkirakan akan naik ke Politburo nanti tahun ini, sampai dia digulingkan karena skandal menyangkut dugaan pembunuhan dan korupsi.

Harian Hongkong itu mengatakan peradilan Wang akan dilakukan di ibukota provinsi Sichuan, Chengdu, lokasi konsulat Amerika ke mana Wang melarikan diri bulan Februari, dilaporkan untuk mencari suaka politik. Tidak lama setelah kunjungan Wang ke konsulat itu, Bo dipecat dari jabatannya sebagai pemimpin Partai Komunis Chongqing.

Sumber-sumber mengatakan kepada surat-kabar itu bahwa penanganan yang cepat peradilan Wang akan mengindikasikan bahwa pihak berwenang ingin menyelesaikan isu Bo ini dengan cepat untuk menjernihkan suasana menjelang peralihan kepemimpinan yang terjadi sekali dalam sepuluh tahun nanti tahun ini.

The South China Morning Post mengatakan jika peradilan Wang dilaksanakan, besar kemungkinan hasil kasus Bo dan kasus istrinya juga akan diketahui segera. Istri Bo adalah tersangka dalam kematian misterius seorang pengusaha Inggris.
XS
SM
MD
LG