Tautan-tautan Akses

Kepala NATO Skeptis dengan Rencana Putin


Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen berbicara dengan media di resor Celtic Manor dekat Newport, Wales (4/9). (Reuters/Yves Herman)

Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen berbicara dengan media di resor Celtic Manor dekat Newport, Wales (4/9). (Reuters/Yves Herman)

Anders Fogh Rasmussen mengatakan yang penting adalah perkembangan di lapangan, dan kenyataannya Rusia masih "menyerang" Ukraina.

Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen telah menyuarakan skeptisisme terhadap rencana gencatan senjata di Ukraina yang diajukan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, selagi para pemimpin dunia berkumpul di Wales untuk memulai pertemuan puncak penting NATO.

Rasmussen mengatakan Kamis (4/9) bahwa NATO menyambut baik semua upaya untuk menemukan solusi damai terhadap krisis di Ukraina. Namun dia mengatakan yang penting adalah perkembangan di lapangan, dan kenyataannya Rusia masih "menyerang" Ukraina.

KTT dua hari NATO di luar kota Welsh, Newport, diperkirakan akan membahas pembentukan pasukan gerak yang mampu dikerahkan secara mendadak ke tempat-tempat yang gawat di Eropa Timur.

Rusia, yang sangat menentang kehadiran NATO di dekat perbatasannya, mengecam gagasan satuan gerak cepat itu. Awal pekan ini, Rusia mengatakan akan meninjau strategi militernya sendiri di Eropa Timur jika NATO mendukung pembentukan pasukan tersebut.

NATO memperkirakan setidaknya ada 1.000 tentara Rusia di Ukraina. Moskow telah berulang kali membantah kehadiran tentaranya di wilayah Ukraina.

XS
SM
MD
LG