Tautan-tautan Akses

Kepala Google Eropa Diinterogasi soal Pajak di Inggris


Logo Google (Foto: ilustrasi)

Logo Google (Foto: ilustrasi)

Para anggota parlemen Inggris menginterogasi kepala operasi Google Eropa hari Kamis (11/2) mengenai apakah raksasa internet itu telah membayar pajak.

Sidang dengar keterangan hari Kamis itu diadakan menyusul keresahan masyarakat mengenai kesepakatan pajak yang dicapai antara Google dan pihak berwenang Inggris, yang kata sebagian orang tidak adil. Google telah sepakat untuk membayar sekitar 187 juta dolar yang mencakup periode 10 tahun.

Kepala Komite Akun Publik Meg Hillier mencerminkan keresahan masyarakat ketika menuduh Matt Brittin dari Google “tidak sensitif” terhadap berbagai keluhan mengenai kesepakatan mengenai tunggakan pajak di Inggris.

Brittin mengatakan dia memahami kemarahan masyarakat, dan mengatakan Google telah membayar pajak 20 persen sesuai UU.

Sementara itu, Italia telah memulai penyelidikan mengenai apakah perusahaan itu menghindari pajak bernilai lebih dari 257 juta dolar.

Para anggota parlemen di seluruh Eropa berupaya mengubah peraturan pajak yang memungkinkan perusahaan multinasional mentransfer keuntungan yang belum dipajak dengan peraturan baru yang membuatnya dikenai pajak rendah.

Para pejabat pajak di beberapa negara, termasuk Italia, juga berupaya menggunakan UU pajak yang ada untuk mewajibkan perusahaan-perusahaan membayar lebih banyak pajak atas keuntungan yang diperoleh dari penjualan di negara-negara mereka. [vm/ds]

XS
SM
MD
LG